ADVERTISEMENT

Shin Tae-yong Antisipasi Indonesia Grogi di Final Piala AFF 2020

Putra Rusdi K - Sepakbola
Senin, 27 Des 2021 22:30 WIB
Indonesia head coach, Shin Tae Yong, second left, congratulates Witan Sulaeman of Indonesia, left, after scoring the first goal during the AFF Suzuki Cup 2020 semi-final first leg soccer match between Singapore and Indonesia in Singapore, Wednesday, Dec. 22, 2021. (AP Photo/Suhaimi Abdullah)
Shin Tae-yong sudah antisipasi tim muda Indonesia bisa demam panggung di final Piala AFF 2020 (Foto: Suhaimi Abdullah/AP)
Jakarta -

Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong, memahami bahwa timnya yang didominasi pemain muda berpeluang demam panggung di final Piala AFF 2020. Ia sudah mengantisipasi hal tersebut.

Indonesia bakal menghadapi Thailand di leg pertama final Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Rabu (29/12/2021). Tim Garuda mampu melaju ke partai puncak dengan mengandalkan banyak pemain muda.

Pasukan Shin Tae-yong memiliki skuad dengan rata-rata usia yang terbilang muda yaitu 23,8 tahun. Dengan skuad muda yang minim pengalaman ini, pasukan Merah Putih harus bersiap meredam tekanan dari laga final.

Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong, paham betul bahwa faktor psikologis adalah salah satu aspek penting dalam menghadapi laga puncak. Ia juga sudah mempersiapkan jika para pemain muda ini bakal demam panggung di laga nanti.

Pelatih asal Korea Selatan ini memaklumi hal tersebut mengingat banyak pemain yang belum punya pengalaman untuk menghadapi laga final. Ia bakal berusaha menginstruksikan para pemainnya untuk tampil tenang demi bisa mengontrol pertandingan.

Pekerjaan Shin Tae-yong jelas tak mudah di babak final nanti. Mengingat, Thailand juga memiliki pemain yang memiliki pengalaman cukup untuk menghadapi laga final

"Memang banyak pemain yang baru pertama di timnas dan besok akan menjadi pertandingan besar pertama untuk mereka. Laga besok pastinya banyak pemain yang grogi dan akan ada banyak momen berbahaya untuk kita," ujar Shin dalam wawancara dengan CNN TV.

"Maka dari itu dengan pengalaman yang saya miliki, saya akan banyak memberik instruksi kepada para pemain untuk lebih bisa mengontrol situasi," jelasnya.

Hasil apik jelas diburu pasukan muda Indonesia pada leg pertama demi memudahkan langkah mereka di leg kedua untuk merah juara. Leg kedua sendiri bakal juga dilangsungkan di National Stadium tiga hari berselang pada Sabtu (1/1/2022).



Simak Video "Shin Tae-yong: Thailand dan Vietnam Takut Lawan Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/aff)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT