Piala Dunia 2022: Kamerun Pulangkan Onana Usai Ribut dengan Pelatih

ADVERTISEMENT

Piala Dunia 2022: Kamerun Pulangkan Onana Usai Ribut dengan Pelatih

Adhi Prasetya - Sepakbola
Selasa, 29 Nov 2022 07:15 WIB
Cameroons head coach Rigobert Song (R) oversee a training session of his players including Cameroons goalkeeper Andre Onana on November 27, 2022 at the Al Sailiya SC in Doha on the eve of a Qatar 2022 World Cup football match between Cameroon and Serbia. (Photo by ISSOUF SANOGO / AFP) (Photo by ISSOUF SANOGO/AFP via Getty Images)
Onana (kiri) dan Song dalam sesi latihan Kamerun akhir pekan lalu. Foto: AFP via Getty Images/ISSOUF SANOGO
Doha -

Berakhir sudah kiprah Andre Onana bersama Kamerun di Piala Dunia 2022. Kiper 26 tahun itu dikeluarkan dari skuad usai dilaporkan berselisih dengan pelatih Rigobert Song.

Onana merupakan kiper utama Kamerun dan tampil menjadi starter saat tumbang 0-1 dari Swiss pada Kamis (24/11). Namun saat bermain imbang 3-3 melawan Serbia empat hari berselang, posisinya diserahkan kepada Devis Epassy.

Perubahan itu menimbulkan tanda tanya. Dari segi umur, Epassy memang lebih tua (29 tahun), namun ia baru memiliki lima caps sebelum menghadapi Serbia dan jelas kalah pengalaman dibanding Onana yang sudah 34 kali tampil.

Simak kumpulan informasi Piala Dunia 2022 di sini!

Diberitakan The Athletic dan dikutip Metro, ada perseteruan yang terjadi antara Onana dan Song pada Sabtu pekan lalu. Song meminta Onana mengubah cara bermainnya, namun sang portiere tak menerima saran itu.

Onana yang dididik Barcelona dan Ajax memiliki cara bermain yang berfokus pada penguasaan bola, dengan kiper menjadi aktor penting dalam membangun serangan dari belakang. Sedangkan Song merasa gaya itu tak cocok dengan Kamerun.

Saat melawan Swiss, terlihat Onana beberapa kali menerima bola di luar kotak penalti, dan turut membangun serangan layaknya sweeper keeper.

Onana diminta bermain lebih 'tradisional', tapi malah muncul pertengkaran akibat hal itu. Hal itu memicu Song untuk memilih Epassy sebagai pilihan utama ketimbang Onana, yang akhirnya juga tak ada di bench saat melawan Serbia.

AL WAKRAH, QATAR - NOVEMBER 28: Devis Epassy of Cameroon during the FIFA World Cup Qatar 2022 Group G match between Cameroon and Serbia at Al Janoub Stadium on November 28, 2022 in Al Wakrah, Qatar. (Photo by James Williamson - AMA/Getty Images)Devis Epassy menjadi starter menggantikan Andre Onana di laga melawan Serbia. Foto: Getty Images/James Williamson - AMA

"Dia (Onana) adalah pemain yang penting, tapi kami ada di turnamen yang sulit. Saya tahu apa yang saya harus lakukan, yaitu memastikan kepentingan tim di atas individu," ujar Song usai melawan Serbia, dikutip Sky Sports.

"Andre ingin keluar (dari skuad) dan kami menerimanya. Di dalam tim, disiplin amatlah penting," jelas eks bek Liverpool itu.

Onana dilaporkan sudah meninggalkan kamp latihan Kamerun. Ia kemungkinan besar akan beristirahat sejenak lalu bergabung dengan klubnya, Inter Milan yang sedang menjalani pemusatan latihan selama jeda Piala Dunia 2022.

(adp/bay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT