DetikSepakbola
Kamis 16 Feb 2017, 04:39 WIB

Liga Champions

Bayern Hajar Arsenal 5-1

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Bayern Hajar Arsenal 5-1 Foto: Reuters / Michaela Rehle Livepic
FOKUS BERITA: Bayern Munich vs Arsenal
Munich - Bayern Munich memetik kemenangan telak 5-1 kala menjamu Arsenal. Die Roten pun membawa bekal amat bagus untuk tandang ke London.

Menjamu Arsenal di Allianz Arena, Kamis (16/2/2017) dinihari WIB pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions, Bayern tampil dominan sejak sepak mula. Hanya butuh 11 menit bagi mereka untuk membuka keunggulan lewat Arjen Robben.

Tapi Arsenal kemudian merespons dan menyamakan kedudukan melalui Alexis Sanchez di menit ke-30. Gol itu membuat kepercayaan diri Arsenal mulai tumbuh.

Tapi Bayern kemudian meningkatkan intensitas di babak kedua dan berhasil kembali unggul melalui Robert Lewandowski di menit ke-53. Thiago Alcantara lantas mencetak gol di menit ke-56 dan 63, diikuti gol lain dari Thomas Mueller di menit ke-88.

Hasil ini jadi bekal bagus Bayern untuk leg kedua di Emirates Stadium, 8 Maret mendatang. Sementara Arsenal menghadapi jalan terjal untuk lolos ke perempatfinal.



Jalannya Pertandingan

Bayern memulai dengan langsung mencoba menekan Arsenal lewat penguasaan bola. Sebuah tusukan Bayern dari sisi kanan di menit ke-8 berujung dengan operan ke Arturo Vidal di depan kotak penalti. Vidal coba melepaskan sepakan, tapi bisa ditahan David Ospina.

Tiga menit kemudian, Bayern memetik keunggulan. Kembali lewat sisi kanan, Douglas Costa dan Philipp Lahm bekerja sama, lalu bola diarahkan ke Robben. Robben bergerak memotong ke tengah dan melepaskan tembakan terukur tanpa adangan berarti dari pertahanan Arsenal. Bola bersarang di pojok kiri gawang.

Sisi kiri pertahanan Arsenal kembali menjadi celah di menit ke-15. Robben lagi-lagi mendapatkan ruang dan mengarahkan tendangan mendatar, namun masih bisa ditangani Ospina.

Arsenal mendapatkan kans bagus di menit ke-26, setelah Alexis Sanchez dilanggar di depan kotak penalti dalam situasi serangan balik. Mesut Oezil mengarahkan tendangan langsung ke gawang, tapi ditepis Manuel Neuer.

Tiga menit kemudian, Arsenal mendapatkan penalti. Dari sepak pojok, bola sebenarnya sempat dikontrol Robert Lewandowski dan coba melakukan sapuan. Tapi kemudian Laurent Koscielny datang menyerobot dan tertendang oleh Lewandowski, alih-alih bola.

Eksekusi Sanchez sempat terbaca dan dihalau Neuer. Bola pantulan coba disambar lagi oleh Sanchez, namun luput. Tapi di kesempatan ketiga, dia berhasil menyepaknya dengan sempurna di bawah tekanan tiga bek Bayern dan bola melesak ke pojok kiri gawang.

Giliran Bayern mengklaim penalti di menit ke-35, setelah bola menyentuh tangan Bellerin dan bergulir ke luar lapangan. Tapi wasit cuma memberikan korner.

Dari sepak pojok yang dihasilkan, Bayern nyaris kembali unggul. Thiago Alcantara melepaskan umpan terukur ke Vidal yang berlari ke sisi kanan gawang Arsenal. Dia lalu meneruskan bola ke tengah dan disundul Lewandowski, namun masih melambung.

Empat menit berselang, Arsenal balas mengancam. Dari serangan balik, Sanchez memberikan umpan terobosan ke Alex Oxlade-Chamberlain di kanan. Chamberlain lalu memberikan umpan tarik dan disambar Granit Xhaka. Hanya saja sepakannya tepat mengarah ke Neuer.

Sebuah tusukan dari David Alaba di sisi kiri diakhiri dengan umpan silang yang disambar sundulan Lewandowski pada menit ke-43. Meski tak terkawal, tapi Lewandowski kurang siap menyambut bola sehingga upayanya melambung.

Dua menit kemudian, Bayern kembali mendapatkan peluang dari bola mati. Umpan Xabi Alonso disundul Mats Hummels, masih melebar tipis.

Arsenal merespons di masa injury time. Oezil menerima umpan terobosan dari Sanchez dan dalam posisi tinggal menghadapi kiper, namun sepakannya terbaca Neuer. Babak pertama berakhir tak lama kemudian.

Bayern kembali unggul di menit ke-53. Umpan silang Lahm dari kanan disambut sundulan Lewandowski yang memenangi duel dengan Shkodran Mustafi.

Tiga menit kemudian, gol kembali tercipta untuk Bayern. Lewandowski dengan cerdik mengoper bola ke Thiago dengan tumit, lalu dituntaskan dengan dingin oleh sang gelandang.

Bayern nyaris menambah lagi gol mereka di menit ke-61. Lewandowski mendapatkan umpan terobosan di sisi kiri dan dikejar Ospina, yang berupaya menutup ruang.

Pemain internasional Polandia itu sempat memancing Ospina untuk makin jauh dari gawang dan melepaskan sepakan. Bola sempat disentuh Ospina, lalu menghantam mistar gawang.

Bola pantulan jatuh di kaki Robben, yang melanjutkannya dengan tembakan dan membentur Kieran Gibbs. Bayern mengklaim penalti karena menilai bola mengenai tangan Gibbs, tapi ditolak wasit.

Dari sepak pojok, kans bagus didapatkan Bayern. Umpan lambung Robben ditanduk Javi Martinez. Ospina dengan refleks cemerlang menepis bola.

Bayern benar-benar menambah gol di menit ke-63. Sepakan Thiago dari luar kotak penalti membentur Xhaka dan mengecoh Ospina, hingga bola bergulir ke dalam gawang.

Ancaman lain dari Bayern untuk Arsenal lima menit kemudian. Vidal melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti, susah payah ditepis Ospina.

Percobaan beruntun dari Robben dan Costa di menit ke-80 dan 82 membuat Ospina sibuk. Di menit ke-88, Ospina kembali kemasukan.

Chamberlain kehilangan bola di bawah tekanan Joshua Kimmich, yang kemudian mengoper ke Thiago. Thiago meneruskan bola ke Thomas Mueller, yang kemudian mengecoh satu pemain dan menaklukkan Ospina.

Itu jadi gol terakhir di laga ini, Bayern menang 5-1.

Susunan pemain:

Bayern Munich: Neuer, Lahm, Hummels, Martínez, Alaba, Xabi Alonso, Vidal, Robben (Rafinha 88'), Thiago, Costa (Kimmich 84'), Lewandowski (Mueller 86').

Arsenal: Ospina, Bellerin, Mustafi, Koscielny (Gabriel 49'), Gibbs, Xhaka, Coquelin (Giroud 77'), Iwobi (Walcott 66'), Oezil, Oxlade-Chamberlain, Sanchez.
(raw/nds)
FOKUS BERITA: Bayern Munich vs Arsenal
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Liga Europa

    Ada Rekor Baru Tercipta Ketika Spurs Menjamu Gent

    Sepakbola | Jumat 24 Feb 2017, 10:39 WIB Partai leg kedua babak 32 besar Liga Europa ketika Tottenham Hotspur menjamu Gent melahirkan sebuah rekor baru dalam hal jumlah penonton di ajang itu.
  • Akhir Perjalanan Tinkerman dengan 'Si Rubah'

    Sepakbola | Jumat 24 Feb 2017, 10:09 WIB Sembilan bulan setelah mengantar Leicester City menjuarai Premier League, Claudio Ranieri dipecat. Bagaimana kinerja Tinkerman, julukannya, dengan 'Si Rubah'?
  • Foto Sepakbola

    Gladbach Permalukan Fiorentina

    Sepakbola | Jumat 24 Feb 2017, 09:42 WIB Gladbach menang 4-2 atas Fiorentina di leg ke-2 babak 32 besar Liga Europa di Artemio Franchi, Jumat (24/2). Hasil itu meloloskan mereka dengan agregat 4-3.
  • Foto Sepakbola

    Gent Singkirkan Tottenham Hotspur

    Sepakbola | Jumat 24 Feb 2017, 09:07 WIB Klub Belgia Gent menyingkirkan Tottenham Hotspur di babak 32 besar Liga Europa. Tottenham Hotspur kalah agregat total 2-3 usai main imbang 2-2 di leg kedua.
  • Mancini Jadi Kandidat Kuat Pengganti Ranieri

    Sepakbola | Jumat 24 Feb 2017, 08:35 WIB Leicester City baru saja memecat Claudio Ranieri. Soal siapa pengganti Ranieri, Roberto Mancini ditempatkan di posisi teratas bursa taruhan.
  • Pochettino Kecewa Sekaligus Bangga

    Sepakbola | Jumat 24 Feb 2017, 08:00 WIB Mauricio Pochettino sangat kecewa setelah Tottenham Hotspur tersingkir dari Liga Europa. Namun, Pochettino mengaku bangga melihat perjuangan para pemainnya.
  • Eriksen Akui Penyelesaian Akhir Spurs Buruk

    Sepakbola | Jumat 24 Feb 2017, 07:27 WIB Hasil seri di leg kedua babak 32 besar Liga Europa membuat Tottenham Hotspur tersingkir. Christian Eriksen mengakui kalau penyelesaian akhir Spurs memang buruk.
  • Roma Kalah, Spalletti Mengaku Bertanggung Jawab

    Sepakbola | Jumat 24 Feb 2017, 06:51 WIB AS Roma tampil buruk dan kalah 0-1 dari Villarreal meski tetap lolos ke babak 16 besar. Atas hasil itu, Luciano Spalletti mengaku salah dalam meracik taktik.
  • Liga Europa

    Comeback Luar Biasa Loloskan Gladbach

    Sepakbola | Jumat 24 Feb 2017, 05:56 WIB Fiorentina sempat berada di atas angin dan terlihat akan lolos. Tapi, Borussia Moenchengladbach secara luar biasa membalikkan keadaan dan menyingkirkan mereka.
  • Liga Europa

    Spurs Disingkirkan Gent

    Sepakbola | Jumat 24 Feb 2017, 05:03 WIB Tottenham Hotspur cuma sampai babak 32 besar Liga Europa setelah disingkirkan klub Belgia Gent. The Lilywhites kalah agregat total 2-3 dari Gent.
  • City Tak Pernah Ragukan Kualitas Aguero

    Sepakbola | Jumat 24 Feb 2017, 03:35 WIB Setelah Gabriel Jesus tumbang, Sergio Aguero membuktikan dirinya masih merupakan jimat Man City. Kualitas Aguero memang tak pernah jadi tanda tanya bagi City.
  • Leicester Pecat Ranieri

    Sepakbola | Jumat 24 Feb 2017, 03:18 WIB Hanya sembilan bulan setelah membawa Leicester City jadi juara Premier League, Claudio Ranieri harus kehilangan pekerjaan sebagai manajer The Foxes.
  • Bukti Bahwa Falcao Belum Habis

    Sepakbola | Jumat 24 Feb 2017, 02:33 WIB Cukup sudah dua tahun yang penuh kritik dan kesuraman untuk Radamel Falcao. Kebangkitan Falcao musim ini seakan menjawab segala pandangan miring.
  • Cazorla Absen sampai Akhir Musim

    Sepakbola | Jumat 24 Feb 2017, 02:42 WIB Proses pemulihan cedera Santi Cazorla tak berjalan lancar. Ada kemunduran yang membuat gelandang Arsenal itu dilaporkan harus absen hingga akhir musim ini.
  • 'Griezmann Pasti Gabung MU Musim Depan'

    Sepakbola | Jumat 24 Feb 2017, 00:50 WIB Antoine Griezmann diyakini bakal bergabung dengan Manchester United musim depan. Paul Pogba adalah faktor utama mengapa Griezmann akan melakukan itu.
  • Jelang Inter vs Roma

    Eder: Peluang Menang Lawan Roma 50-50

    Sepakbola | Jumat 24 Feb 2017, 00:07 WIB Striker Inter Milan, Eder, meyakini timnya mampu meladeni AS Roma saat kedua tim bertemu akhir pekan ini. Menurutnya, itu tak lepas dari perkembangan Inter.
  • Liverpool Bakal Finis 4 Besar, asal...

    Sepakbola | Kamis 23 Feb 2017, 20:23 WIB Joel Matip optimistis Liverpool mampu meraih tiket Liga Champions musim depan. Asalkan, The Reds mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam semua laga sisa.