DetikSepakbola
Jumat 05 Mei 2017, 06:59 WIB

Rahasia di Balik Tendangan Bebas Maut Rashford

Meylan Fredy Ismawan - detikSport
Rahasia di Balik Tendangan Bebas Maut Rashford Foto: REUTERS/Miguel Vidal
Vigo - Tendangan bebas Marcus Rashford jadi penentu kemenangan Manchester United atas Celta Vigo. Manajer MU, Jose Mourinho, mengungkapkan rahasia di balik kehebatan Rashford dalam mengambil tendangan bebas.





Rashford sebelumnya bukanlah eksekutor bola-bola mati di tim MU. Tugas tersebut biasanya diambil oleh Wayne Rooney, Juan Mata, atau Zlatan Ibrahimovic.

Akan tetapi, belakangan ini Rashford mendapatkan kepercayaan untuk mengambil tendangan bebas atau sepak pojok. Dia kembali mengemban tugas itu saat MU menghadapi Celta di Balaidos, Jumat (5/5/2017) dinihari WIB, pada laga leg pertama semifinal Liga Europa.

Dalam sebuah momen pada menit ke-67, Rashford yang sedang berusaha menusuk ke kotak penalti Celta dilanggar oleh Hugo Mallo. MU pun mendapatkan tendangan bebas.

Daley Blind dan Rashford kemudian bersiap mengeksekusi tendangan bebas tersebut. Dilihat dari titik terjadinya pelanggaran, Blind yang berkaki kidal terlihat akan menjadi eksekutor. Namun, Blind ternyata hanya melakukan gerak tipu dan sama sekali tak menyentuh bola. Rashford-lah yang mengeksekusi tendangan bebas itu.

Bola tembakan Rashford melewati pagar hidup pemain Celta dan mengarah ke tiang jauh. Kiper Celta, Sergio Alvarez, berusaha untuk menjangkaunya, tapi gagal. Gol pun tercipta dan MU unggul 1-0. Gol Rashford itu tak bisa dibalas Celta hingga laga berakhir.

(Baca juga: Gol Tunggal Rashford Menangkan MU)

"Dia adalah bocah 19 tahun. Tapi, dia adalah bocah 19 tahun yang jatuh cinta kepada sepakbola," ujar Mourinho kepada BT Sport.

Mourinho mengungkapkan, Rashford telah bekerja keras di tempat latihan untuk mengasah tendangan bebasnya. Si pemain tak langsung pulang saat sesi latihan tim berakhir.

"Seorang bocah yang menyelesaikan sesi latihan dan tetap tinggal selama setengah jam lebih lama untuk melatih tendangan bebas dan menunggu kesempatan. Itulah mentalitasnya. Dia bekerja, bekerja, dan bekerja," ujar Mourinho.

"Dia sangat matang dan mari lupakan usianya karena yang penting bukanlah usia, tapi kualitas," katanya.


(mfi/raw)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed