sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 26 Feb 2016 05:28 WIB

Liga Europa

Napoli Tersingkir Usai Ditahan Imbang Villarreal 1-1

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Foto: Getty Images Sport/Francesco Pecoraro
Naples - Langkah Napoli di Liga Europa harus terhenti. Itu setelah Partenopei ditahan imbang Villarreal 1-1 di laga leg kedua babak 32 besar Liga Europa.

Dalam laga di San Paolo, Jumat (26/2/2016) dinihari WIB, Napoli langsung tampil menekan sejak awal pertandingan guna mengamankan posisi mengingat mereka kalah 0-1 di laga leg pertama. Gol dari Marek Hamsik di menit ke-17 memberikan angin segar untuk skuat Maurizio Sarri.

Dalam posisi seimbang, Napoli menyerang dengan gencar. Tapi mereka justru kecolongan oleh Villarreal di menit ke-59 lewat gol spektakuler Tomas Pina dari sisi kiri kotak penalti.

Di sisa waktu, Napoli menggempur Villarreal. Tapi tak satupun gol berhasil dicetak anak-anak tuan rumah. Hasil imbang membuat mereka tersingkir karena kalah agregat 1-2.

ESPN mencatat Napoli tampil dominan dengan penguasaan bola mencapai 69%. Mereka melepaskan 22 tembakan dengan enam menemui sasaran, sedang Villarreal cuma punya enam percobaan dan dua di antaranya mengarah ke gawang.

Jalannya Pertandingan

Villarreal lebih dulu mengancam dengan sundulan Bruno menyambut umpan silang Denis Suarez di menit ke-3. Hasil sundulan Bruno masih sedikit di atas mistar gawang Napoli.

Napoli merespons tak lama berselang. Tapi sepakan Gonzalo Higuain masih melebar ke kiri.

Sebuah sepakan dari Cedric Bakambu mengarah ke gawang di menit ke-14, meneruskan umpan terobosan Roberto Soldado. Bola bisa diamankan oleh kiper Napoli Pepe Reina.

Tiga menit kemudian, Napoli memetik keunggulan. Bola panjang dari Napoli coba dihalau Victor Ruiz, tapi malah jatuh dalam jangkauan Marek Hamsik. Hamsik menyambut bola dengan sepakan voli yang bersarang di pojok kanan gawang.

Napoli melanjutkan tekanan di menit ke-21 melalui Dries Mertens, menerima umpan Mirko Valdifiori. Tapi masih berakhir di tangan kiper Villarreal Alphonse Areola.

Sepakan Lorenzo Insigne di menit ke-30 melenceng ke kanan gawang. Sementara sundulan Mertens tak lama berselang bisa diamankan kiper.

Di menit ke-38, sepakan David Lopez digagalkan kiper. Sundulan Vlad Chiriches tiga menit berselang masih melebar ke kanan gawang. Babak pertama diakhiri dengan sebuah upaya melenceng dari Mertens.

Napoli memulai babak kedua dengan berupaya mempertahankan tekanan, tapi justru kecolongan di menit ke-59. Tomas Pina yang menerima umpan dari Denis Suarez, melepaskan sepakan dari sisi kiri kotak penalti yang sepertinya dimaksudkan sebagai umpan lambung.

Tapi bola malah meluncur mengarah ke gawang, melewati Reina, dan berakhir di pojok kanan atas gawang. Villarreal pun menyamakan kedudukan.

Napoli merespons lima menit berelang dengan percobaan Hamsik dari luar kotak penalti. Masih melebar jauh dari sasaran. Upaya lainnya dari Lopez di menit ke-69 juga masih tipis di atas gawang.

Sebuah upaya dari Insigne di menit ke-72 mengarah ke gawang. Tapi Areola dengan sigap menepis bola ke luar lapangan. Areola kembali dipaksa melakukan penyelamatan ketika sepakan Mertens menyambut bola sepak pojok mengarah ke gawangnya.

Napoli terus menekan. Di menit ke-76, umpan Christian Maggio diteruskan Insigne namun masih tipis saja ke kanan gawang.

Ancaman lain dari Napoli melalui Jorginho di menit ke-82. Juga belum menemui sasaran karena melesat ke kiri gawang.

Berbagai tekanan dilancarkan anak asuh Sarri di sisa waktu. Sepakan jarak jauh Hamsik melenceng, demikian halnya dengan upaya Manolo Gabbiadini. Hingga laga usai, Napoli tak mampu mencetak gol tambahan. Mereka pun harus puas dengan hasil imbang 1-1 dan tersingkir dengan agregat 1-2.

Susunan pemain:

Napoli: Reina; Hysaj, Albiol, Chiriches, Strinic (Maggio 64); David Lopez (Gabbiadini 78), Valdifiori (Jorginho 74), Hamsik; Insigne, Higuain, Mertens

Villarreal: Areola; Mario Gaspar, Musacchio, Victor Ruiz, Jaume Costa; Rukavina (Castillejo 77), Pina (Trigueros 84), Bruno Soriano, Suarez; Soldado (Adrian Lopez 71), Bakambu (raw/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com