DetikSepakbola
Rabu 18 Oktober 2017, 14:31 WIB

Pep Persembahkan Kemenangan City untuk Pemimpin Catalan yang Dipenjara

Yanu Arifin - detikSport
Pep Persembahkan Kemenangan City untuk Pemimpin Catalan yang Dipenjara Josep Guardiola mempersembahkan kemenangan Manchester City untuk dua tokoh kemerdekaan Catalunya (Jason Cairnduff/Action Images via Reuters)
Jakarta - Manchester City mengalahkan Napoli di matchday ketiga Liga Champions. Josep Guardiola mendedikasikannya untuk dua pemimpin Catalunya yang ditangkap polisi.

City menekuk Napoli 2-1 pada laga ketiga Grup F yang berlangsung di Etihad Stadium, Rabu (18/10/2017). Gol City dicetak Raheem Sterling dan Gabriel Jesus, yang cuma dibalas Napoli lewat penalti Amadou Diawara.

Kemenangan itu langsung dipersembahkan Guardiola untuk Jordi Cuixart dan Jordi Sanchez, dua pemimpin wilayah Catalunya yang saat ini sedang dipenjara.



Guardiola, yang juga berasal dari Catalunya, tak segan-segan mempersembahkan kemenangan City untuk keduanya. Ia berharap Cuixart dan Sanchez bisa segera dibebaskan.

"Kemenangan ini untuk mereka. Kami selalu memperlihatkan di Catalunya kalau asas kewarganegaraan selalu lebih penting dari gagasan apapun. Kami berharap mereka segera dibebaskan," Guardiola menuturkan seperti dikutip Marca.

Cuixart dan Sanchez dipenjara atas perintah Pengadilan Tinggi Spanyol. Penangkapannya masih ada kaitannya dengan referendum kemerdekaan Catalunya, 1 Oktober lalu.



Upaya referendum Catalan telah dilangsungkan, dengan hampir seluruh warganya ingin memisahkan diri dari Spanyol. Namun Pemerintah Spanyol menuding hal itu inskonstitusional.

Cuixart dan Sanchez dituding telah menghasut warga untuk melakukan referendum tersebut, sampai akhirnya ditahan. Pada Selasa waktu setempat, puluhan ribu orang pun turun ke jalanan Barcelona memprotes penangkapan tersebut.

[Gambas:Video 20detik]


(din/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed