DetikSepakbola
Selasa 18 September 2018, 20:14 WIB

Bahkan 'Superman' De Gea Tak Cukup Selamatkan Lini Belakang MU

Redzi Arya Pratama - detikSport
Bahkan Superman De Gea Tak Cukup Selamatkan Lini Belakang MU David De Gea hebat, tapi lini belakang Manchester United tak bisa banyak membantunya (REUTERS/David Klein)
Jakarta - Manchester United diprediksi akan kesulitan di Liga Champions. Lini belakang yang kelewat buruk jadi hambatan besar. Bahkan saat mereka punya David 'Superman' De Gea.

MU dalam kondisi kurang meyakinkan saat ini. Mereka telah dua kali kalah di ajang Premier League kala menghadapi Brighton and Hove Albion dan Tottenham Hotspur.

Di Liga Champions, MU berada di grup H bersama Juventus, Valencia, dan Young Boys. Di atas kertas, Setan Merah dan Bianconeri dijagokan bisa menguasai grup ini dan lolos ke-16 besar dengan mudah.

Meski akan lolos ke 16 besar, MU diprediksi tak bakal bisa melangkah jauh. Menurut Rio Ferdinand, lini belakang MU kelewat buruk saat ini.



"Pondasi dari tiap tim besar yang mampu memberikan kemenangan adalah pertahanan. Pertahanan MU tidak cukup kuat dan tak ada perubahan, sehingga saya tak melihat mereka bisa bekerja baik (di Liga Champions)," ujarnya kepada BT Sport dilansir Mirror.

"Mungkin mereka akan mampu lolos dari grup tersebut. Ini adalah grup bagus dengan Cristiano Ronaldo yang akan comeback bersama Juventus. Tapi, mereka tak akan bisa melangkah lebih jauh dari itu," lanjut mantan bek andalan Timnas Inggris itu.

Menurut Ferdinand, MU saat ini sangat tertolong dengan keberadaan David De Gea. Tapi bahkan penampilan super dari kiper asal Spanyol itu tak akan banyak membantu karena pemain-pemain di depannya tak punya kualitas yang dibutuhkan untuk bersaing di Eropa.

"Dia (De Gea) adalah superman. Tapi, dengan orang-orang di depannya, inkonsistensi akan selalu terjadi tiap pekan. Anda tak bisa membangun pertahanan dengan pemain-pemain yang juga tidak reliabel," katanya.

"Kemudian ketika bek-bek ada di sana, mereka tak memperlihatkan performa terbaik. Itu adalah fakta yang menyakitkan."

"Anda punya dua sayap yang bermain sebagai full-back. Mereka bermain di pos gelandang kiri dan kanan ketika saya masih aktif (Ashley Young dan Antonio Valencia). Beruntung mereka bermain baik. Tapi apakah Victor Lindelof bekerja? Tidak. Eric Bailly? Tidak juga."

"Bahkan Chris Smalling dan Phil Jones tak memperlihatkan potensi yang awalnya terlihat ketika pertama gabung tim. Sehingga tak akan ada yang berubah, bukan?"

"Anda tidak duduk di sini dan berkata dunia akan berubah karena tahun baru dan Anda meminta mereka menjadi lebih baik, dan bekerja bersama sebagai unit. Itu tak akan terjadi," tegas Ferdinand.

MU akan mengawali kiprah di Liga Champions musim ini menghadapi Young Boys di Stade De Suisse, Kamis (20/9/2018).

(din/nds)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed