DetikSepakbola
Jumat 21 September 2018, 04:15 WIB

Hasil Liga Europa: Arsenal Bekuk Vorskla 4-2

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Hasil Liga Europa: Arsenal Bekuk Vorskla 4-2 Arsenal menang 4-2 atas Vorskla (David Klein/REUTERS)
London - Arsenal mengawali kiprahnya di Liga Europa musim ini dengan kemenangan. Menghadapi wakil Ukraina, Vorskla, The Gunners menang 4-2.

Pada laga pertama Grup E yang dihelat di Emirates Stadium, Jumat (21/9/2018) dinihari WIB, Arsenal menurunkan nyaris para pemain intinya termasuk kiper Bernd Leno yang melakoni partai debutnya.

Setelah nyaris setengah jam tanpa gol, Pierre-Emerick Aubameyang membuka keunggulan Arsenal di menit ke-32 dan bertahan hingga turun minum.




Di babak kedua, Arsenal menambah gol lewat Danny Welbeck, gol kedua Aubameyang, dan Mesut Oezil. Dua gol hiburan Vorskla dibuat Volodimir Chesnakov dan Vyacheslav Sharpar.

Hasil ini menempatkan Arsenal di posisi puncak grup dengan tiga poin, unggul produktivitas gol dari Sporting yang juga menang 2-0 atas Qarabag.

Jalannya Pertandingan

Arsenal memang menguasai pertandingan tapi mereka terbilang kesulitan untuk membongkar pertahanan Vorskla. Beberapa kali serangan tuan rumah mentah sebelum bisa memasuki area penalti tim tamu.

Kebuntuan itu akhirnya pecah di menit ke-32 ketika Arsenal berhasil unggul 1-0. Serangan cepat yang dibangun Alex Iwobi dari sisi kiri dituntaskan dengan crossing ke area 16 meter dan di sana ada Aubameyang yang menyontek si kulit bundar.

Hasil Liga Europa: Arsenal Bekuk Vorskla 4-2Gol pertama Aubameyang ke gawang Vorskla (David Klein/REUTERS)



Setelah gol Aubameyang, Arsenal lebih mudah menciptakan peluang. Salah satunya lewat Lucas Torreira yang melepaskan tembakan pada menit ke-38 tapi masih menyasar sisi gawang.

Semenit jelang turun minum, Aubameyang menusuk dari sisi kiri dan menuntaskan lewat sepakan kaki kanan, tapi bola malah membentur tiang. Tak lama berselang sepakan Iwobi juga cuma berujung korner setelah kiper lawan menepisnya.




Masuk di babak kedua, Arsenal langsung tancap gas dan hasilnya di menit ke-48, mereka menggandakan keunggulan. Dari sisi kiri, Iwobi dan Mkhitaryan mencoba mencari celah melepaskan bola.

Mkhitaryan yang mendapat bola dari Iwobi melihat posisi Welbeck yang bebas di tengah kotak penalti. Umpan lambung dilepaskan dan Welbeck menanduknya dengan sempurna ke gawang.

Arsenal lantas makin mudah mencari celah di pertahanan Vorskla dan kian bernafsu menambah gol. Di menit ke-56, umpan terobosan Mkhitaryan diterima Aubameyang yang dengan mudah menaklukkan penjaganya sebelum melepaskan sepakan melengkung ke tiang dekat dan mengubah skor jadi 3-0.

Arsenal mendapat gol keempatnya pada menit ke-74 ketika umpan panjang dari lini belakang menuju Stephan Lichtstseiner di sisi kanan yang berlari menuju ke pertahanan Vorskla. Meski diadang kiper, Lichtsteiner masih bisa memberikan umpan lambung yang dituntaskan sepakan Oezil di tiang jauh.


Hasil Liga Europa: Arsenal Bekuk Vorskla 4-2Mesut Oezil menjebol gawang Vorskla (David Klein/REUTERS)

Unggul 4-0, Arsenal malah mengendurkan tekanan dan ini dimanfaatkan Vorskla untuk mencuri gol di menit ke-76 lewat Chesnakov. Lini belakang Arsenal gagal mengantisipasi bola liar lawan dan Chesnakov berhasil merebutnya dari Lichtsteiner untuk disepak kencang ke pojok kanan atas gawang Leno.

Di menit keempat masa injury time, gawang Arsenal bobol lagi setelah serangan balik Vorskla dari sisi kiri dituntaskan Pavlo Rebenok dengan umpan silang ke kotak penalti. Di sana ada Sharpar yang menyepak si kulit bundar tepat ke gawang Leno.

Skor 4-2 menutup pertandingan itu untuk keunggulan Arsenal.




Susunan Pemain

Arsenal: Bernd Leno; Stephan Lichtsteiner, Rob Holding, Sokratis Papastathopoulos, Nacho Monreal; Lucas Torreira (Matteo Guendouzi 57'), Mohamed Elneny; Henrikh Mkhitaryan, Alex Iwobi (Smith Rowe 70'), Danny Welbeck; Pierre-Emerick Aubameyang (Mesut Oezil 57').

Vorskla: Bogdan Shust; Igor Perduta, Ardin Dallku, Vladimir Chesnakov, Artur; Aleksandr Kobakhidze (M. Sergiychuk 77'), Dmitry Kravchenko (O. Skylar 70'), Vyacheslav Sharpar, Pavlo Rebenok; Vladyslav Kulach (Nicolas Careca 75'); Yuriy Kolomoets.




(mrp/nds)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed