sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 02 Okt 2018 06:49 WIB

Jelang Liga Europa

Konflik Antarnegara Bikin Mkhitaryan Absen Lawan Qarabag?

Yanu Arifin - detikSport
Konflik antarnegara kabarnya akan membuat Henrikh Mkhitaryan absen saat Arsenal tandang ke markas Qarabag di Liga Europa (Foto: David Klein/Reuters) Konflik antarnegara kabarnya akan membuat Henrikh Mkhitaryan absen saat Arsenal tandang ke markas Qarabag di Liga Europa (Foto: David Klein/Reuters)
London - Henrikh Mkhitaryan disebut-sebut akan absen saat Arsenal tandang ke Qarabag FK di Liga Europa. Konflik antarnegara kabarnya menjadi sebabnya.

Arsenal akan menghadapi Qarabag FK di matchday kedua Grup E Liga Europa. The Gunners mesti bertandang ke Baku's Olympic Stadium, Baku, Kamis (4/10/2018).

Mkhitaryan, yang berasal dari Armenia, disebut-sebut akan absen dalam lawatan ke Baku. Konflik antara Armenia dan Azerbaijan kabarnya menjadi penyebabnya.

Seperti dikutip dari Independent, Armenia dan Azerbaijan saat ini tidak punya hubungan diplomatik. Kedua negara tengah terkait konflik terkait wilayah Nagorno-Karabakh. Tensinya diklaim terus meningkat.


Warga Armenia sendiri disebut tidak mendapat izin perjalanan ke Azerbaijan. Meski demikian, ada pengecualian khusus bagi para atlet untuk bepergian ke sana.

Hal itu yang membuat Mkhitaryan disebut-sebut memilih absen saat bertandang ke Azerbaijan untuk menghadapi Gabala FK, Oktober 2015. Ketika itu, Mkhitaryan masih bermain untuk Borussia Dortmund.

Namun pihak kedutaan besar Azerbaijan mengklaim, status kewarganegaraan Mkhitaryan tidak memengaruhi pembuatan visa ke Azerbaijan. Mereka menilai ada syarat-syarat tertentu yang membuat seseorang benar-benar dilarang ke Azerbaijan.


"Satu-satunya aspek di mana konflik memengaruhi izin masuk warga negara asing ke Azerbaijan adalah apakah orang tersebut sebelumnya pernah mengunjungi Nagorno-Karabakh dan wilayah lain yang diduduki di Azerbaijan tanpa persetujuan tertulis dari Republik Azerbaijan," jelas pernyataan kedutaan.

"Keputusan pemberian visa Azerbaijan kepada semua warga negara asing tunduk pada aturan dan peraturan tertentu berdasarkan undang-undang nasional dan perjanjian internasional Azerbaijan."

"Oleh karena itu, cara yang tepat untuk mengajukan pertanyaan apakah Henrikh Mkhitaryan akan diberikan visa Azerbaijan atau tidak, yang tidak bisa dijawab di depan seperti kasus dengan negara mana pun termasuk Inggris, tapi apakah kebangsaannya akan memengaruhinya mendapatkan visa Azerbaijan, jawabannya adalah: tidak," tegas pernyataan mereka.

Usai undian fase grup pada Agustus lalu, Arsenal menyatakan akan membuat keputusan soal Mkhitaryan terkait lawatan ke Azerbaijan setelah bicara dengan si pemain.

"Keselamatan dan keamanan semua pemain dan staf kami selalu jadi prioritas utama. Kami akan melihat situasinya, bicara kepada pemain, dan membuat keputusan setelahnya," ujar seorang juru bicara Arsenal.

(yna/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com