sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 23 Apr 2019 22:50 WIB

Kesulitan Menangi Liga Champions, Guardiola Dibela

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Josep Guardiola sudah lama tak memenangi Liga Champions. (Foto: Phil Noble/Reuters) Josep Guardiola sudah lama tak memenangi Liga Champions. (Foto: Phil Noble/Reuters)
Madrid - Josep Guardiola kesulitan memenangi Liga Champions lagi. Namun, eks pemain dan pelatih yang kini menjadi pandit, Jorge Valdano, membela pencapaian Guardiola.

Guardiola gagal membawa Manchester City melaju lebih jauh di Liga Champions 2018/19. The Citizens terhenti di perempatfinal setelah kalah produktivitas gol tandang dalam agregat 4-4 melawan Tottenham Hotspur.

Hasil itu memperpanjang rekor buruk Guardiola di kompetisi sejak meninggalkan Barcelona pada 2012. Bersama klub Catalunya itu, Guardiola memenangi dua gelar dalam tiga musim, yakni 2008/09 dan 2010/11.


Guardiola kemudian meneruskan kariernya dengan menangani Bayern Munich, tapi hanya mentok di babak semifinal selama tiga musim beruntun. Pada 2016, pelatih berusia 48 tahun itu menukangi City, yang sejauh ini laju terjauhnya hanya babak delapan besar.

Meski demikian kesulitan menjuarai Liga Champions, Guardiola dianggap sukses meningkatkan permainan tim-tim yang diasuhnya dengan strategi menyerang dan main cantik. Di City misalnya. Guardiola memimpin Si Manchester Biru memenangi Liga Inggris musim lalu dengan sederet rekor.


Kualitas Guardiola itu membuat Valdano tak ragu melayangkan pujian. "Saya paham dengan kritik, sepakbola selalu tidak pasti tapi sepertinya bagi saya Pep Guardiola selalu mencari mutu yang tinggi," dia mengungkapkan kepada Onda Cero, yang dikutip Marca.

"Saya menyerah kepada pelatih-pelatih yang mencari kesempurnaan, dan mungkin kalah dengan Bayern dan City. Dia bisa saja kalah, tapi apa yang dilakukan Guardiola adalah tontonan yang jarang," sambung Valdano.

"Ada bermacam-macam cara untuk kalah, tapi kalau saya bisa memilih, saya akan memilih cara seperti dia," imbuh pemenang Piala Dunia 1986 bersama timnas Argentina itu.


(rin/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed