sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 10 Mei 2019 14:02 WIB

Ajax Amsterdam adalah Etalase Belanja Paling Menarik di Eropa Saat Ini

Redzi Arya Pratama - detikSport
Ajax Amsterdam menjadi kejutan setelah lolos ke semifinal Liga Champions. (Reuters)
Jakarta - Untuk klub seperti Ajax Amsterdam, suskes yang diraih sering berujung pada perginya para pemain. Pun begitu tahun ini, usai membuat kejutan menembus semifinal Liga Champions.

Ajax punya nama mentereng sebagai klub pemilik akademi sepakbola terbaik di Eropa dan sekaligus penemu bakat muda terbaik dari penjuru dunia. Di saat bersamaan, sayangnya, mereka sering tak punya kemampuan untuk menjaga anak-anak muda di skuadnya dari godaan klub raksasa.

Ajax secara tradisional adalah klub besar Eropa, dengan lima titel Piala/Liga Champions didapat. Tapi soal materi mereka tak ada apa-apanya. Bahkan sebelum ada deretan miliarder dari Timur Tengah, Ajax sudah kerepotan untuk menyaingi uang yang dipunya klub semacam AC Milan, Real Madrid, dan Barcelona.

Maka Wesley Sneijder pun pindah ke Santiago Bernabeu pada usia 24 tahun, sebagaimana Denis Bergkamp hengkang ke Inter Milan dalam usia yang sama. Atau Edgar Davids serta Patrick Kluivert yang diboyong AC Milan masing-masing ketika berusia 23 dan 21 tahun.



Wesley Sneijder dalam seragam Ajax di tahun 2003Wesley Sneijder dalam seragam Ajax di tahun 2003 Foto: PETER DE VOECHT / AFP PHOTO / BELGA /


Deretan namanya masih sangat panjang. Sebuah tren, kalau mau dikatakan begitu, yang terus berlanjut dalam beberapa tahun terakhir. Ada Zlatan Ibrahimovic ke Juventus, Luis Suarez ke Liverpool, Jan Verthonghen ke Tottenham Hotspur, Justin Kluivert di AS Roma kini, dan yang terbaru Frenkie de Jong.

Direktur Ajax, Edwin Van der Sar, sadar akan kondisi yang 'mengancam' timnya di bursa transfer musim panas nanti. Bukan cuma pemain yang akan pergi, sang pelatih, Erik ten Hag, kabarnya juga sudah diincar beberapa klub.

"Kami berencana mempertahankan Ten Hag dan berniat untuk itu. Kami sadar bakal terjadi banyak perubahan di dalam skuat. Tapi setidaknya kami ingin memastikan staf pelatih," ujar Van de Sar kepada Sky Sport Italia.

Berikut pemain-pemain Ajax Amsterdam yang sudah pasti hengkang dan berpotensi angkat kaki pada musim panas nanti:

Ajax Amsterdam adalah Etalase Belanja Paling Menarik di Eropa Saat IniFoto: REUTERS/Wolfgang Rattay


Frenkie de Jong

Gelandang andalan Ajax ini menjadi satu-satunya pemain yang pasti angkat kaki dari Johan Cruyff Arena. Ajax sudah sepakat untuk melepas De Jong ke Barcelona Januari lalu. Namun sang pemain baru akan hengkang akhir musim ini.

Tak tanggung-tanggung, Barcelona mengeluarkan dana hingga 75 juta euro yang berpotensi menjadi 85 juta euro termasuk bonus demi pemain ini.

Matthijs de Ligt

Pemain termuda di skuat utama Ajax. Hebatnya meski masih 19 tahun, De Ligt dipilih sebagai kapten tim oleh Erik ten Hag. Solid di lini belakang dan kerap mencetak gol dari bola mati jadi kelebihannya.

De Ligt bahkan membuat dua gol pada dua laga semifinal melawan Tottenham. Van der Sar sudah memastikan De Ligt juga akan pergi ke Inggris atau Spanyol. Barcelona, Liverpool, dan Manchester United kabarnya sedang bertarung untuk mendapatkan tanda tangannya.

Matthijs de Ligt jadi properti panas di Eropa saat iniMatthijs de Ligt jadi properti panas di Eropa saat ini Foto: Michael Steele/Getty Images


Donny Van de Beek

Bisa dibilang pemain underrated di skuat Ajax. Awalnya tak banyak disorot ketimbang bintang-bintang muda lainnya, tapi pemain yang juga lulusan akademi Ajax ini ternyata punya pengaruh besar di dalam tim.

Sebagai gelandang serang, Van de Beek telah membuat 16 gol dan 11 assists di semua ajang. Peluang pria 22 tahun ini pindah juga besar, karena agennya sempat berkata Van de Beek sangat ingin dilatih Carlo Ancelotti. Akankah Napoli memboyongnya ke Italia?

Hakim Ziyech

Winger cepat andalan Ajax yang sedang berada pada usia matangnya. Ziyech menjadi sayap tak tergantikan di skuat Ajax dan sudah menciptakan 21 gol serta 22 assists untuk timnya di semua ajang.

Potensi dia untuk pindah ke klub raksasa cukup besar. Bayern Munich, Manchester City, dan MU juga naksir dengan kemampuan pemain Maroko itu.

David Neres

Seperti Ziyech, Neres juga beroperasi di sayap yang memberikan warna untuk daya serang Ajax. Ia telah mencatat 12 gol dan 15 assists bagi timnya di semua kompetisi. Pemuda Brasil ini diyakini bisa angkat kaki menilik minat tim Inggris yang besar kepadanya.

Beberapa media Inggris sempat mengaitkan pemain kelahiran Sao Paulo ini dengan Arsenal, Chelsea, dan Liverpool.

Andrea Onana juga jadi incaran beberapa klub EropaAndrea Onana juga jadi incaran beberapa klub Eropa Foto: REUTERS/Susana Vera


Andre Onana

Pemain lulusan La Masia yang kini menjadi kiper tak tergantikan di Ajax. Musim ini kiper asal Kamerun tersebut berhasil membuat 26 clean sheets.

Ia beberapa kali dihubungkan kembali dengan Barcelona. Bahkan Onana sempat berkata bahwa Barca akan selalu jadi rumahnya. Namun peluang pulang ke Camp Nou dianggap tak besar karena di sana dia akan jadi pelapis Marc-André ter Stegen.


Simak Juga "Hakim Ziyech Buka Puasa di Lapangan dan Bikin Gol Keren":

[Gambas:Video 20detik]

(din/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com