sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 30 Mei 2019 11:45 WIB

Juara Liga Europa, Chelsea Samai Catatan MU

Yanu Arifin - detikSport
Pemain Chelsea merayakan keberhasilan menjuarai Liga Europa dengan mengalahkan Arsenal 4-1. (Foto: Lee Smith/REUTERS) Pemain Chelsea merayakan keberhasilan menjuarai Liga Europa dengan mengalahkan Arsenal 4-1. (Foto: Lee Smith/REUTERS)
Baku - Chelsea berhasil menjadi juara Liga Europa usai melumat Arsenal di partai final. The Blues pun menyamai catatan Manchester United di pentas Eropa.

Chelsea menghajar Arsenal 4-1 di Olympic Stadium, Baku, Azerbaijan, Kamis (30/5/2019) dini hari WIB, pada final Liga Europa. Eden Hazard dkk pun mengangkat trofi juara di penghujung musimnya.

Itu menjadi trofi Liga Europa kedua Chelsea, setelah pada 2013 juga berhasil memenangkannya. Total Si Biru sudah mengoleksi empat gelar dari turnamen utama UEFA, sejak klub Inggris terbebas dari sanksi UEFA pada 1991.




Klub-klub Inggris sempat dilarang berlaga di Eropa menyusul tragedi Heysel pada 1995. Baru pada 1991, beberapa klub Inggris bisa kembali berlaga di ajang UEFA kecuali Liverpool yang harus menunggu setahun lagi untuk kembali.




Dan sejak itu, MU menjadi tim Inggris yang paling banyak meraih gelar di Eropa. Sky Sports menyebut, Setan Merah sudah mengoleksi empat gelar dari turnamen utama UEFA sejak 1991, yang kini disamai Chelsea. Adapun Liverpool baru mendulang dua trofi utama dari UEFA sejak 1991, dan Arsenal baru sekali.

Adapun untuk total keseluruhan gelar, Liverpool masih menjadi tim Inggris yang paling sukses di Eropa dengan 11 gelar, disusul MU (7), Chelsea (6), Nottingham Forest (3), Aston Villa (3), Tottenham Hotspur (3), West Ham United (2), dan Arsenal (1).


(yna/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com