sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 02 Jun 2019 12:50 WIB

Canggihnya Pengaturan Suporter di Wanda Metropolitano

Dadan Kuswaraharja - detikSport
Laga final Liga Champions antara Tottenham Hotspur vs Liverpool. (Foto: Dadan Kuswaraharja/detikcom) Laga final Liga Champions antara Tottenham Hotspur vs Liverpool. (Foto: Dadan Kuswaraharja/detikcom)
Madrid -
Final Liga Champions usai sudah. Liverpool menjadi juara lewat penalti yang dilesakkan Mohamed Salah di menit awal, dan gol Divock Origi menjelang akhir pertandingan.

Dari sisi lapangan, meski dipenuhi sesak dengan hampir 70.000 penonton, ekses terhadap kemacetan di luar stadion boleh dibilang minim.

Memang ada antre kendaraan baik saat menuju stadion atau ke luar stadion setelah usai pertandingan, tapi relatif tidak terlalu macet. Sangat jauh jika dibandingkan dengan Jakarta kalau ada pertandingan bola.

"Maaf ini di luar stadion lagi macet, mungkin ditunggu dulu beberapa saat lagi baru bisa masuk bus," ujar Cedric, seorang panitia lokal.
Meski mungkin standar kemacetan antara orang Jakarta dan Madrid berbeda. Kemacetan di Madrid buat orang Jakarta mungkin bisa dianggap enteng, tapi buat orang Madrid berbeda.

detikcom kebetulan duduk di tribun sebelah timur stadion Wanda Metropolitano berseberangan dengan tribun VIP. Tak tampak mobil parkir di luar stadion pada sisi itu, semua kendaraan pribadi diminta parkir di tempat lain.

Ini yang membuat orang, terutama mereka yang menggunakan bus, gampang lalu-lalang. Begitu juga saat pertandingan bubar, penonton dengan tertib keluar dari stadion.

Steward yang mengawasi penonton pun jumlahnya sangat banyak, mulai dari steward berompi hijau/kuning di sisi lapangan yang posisinya cukup rapat, mungkin sekitar jarak 2 meteran.
Di luar steward berompi oranye sibuk mengarahkan suporter agar tidak keluyuran ke mana-mana. Alhasil penonton yang ingin segera pulang bisa langsung keluar stadion dengan mudah.

Fans Tottenham Hotspur lebih dulu keluar stadion, sementara fans Liverpool sampai sekitar pukul 12.00 waktu Madrid masih sibuk selebrasi di stadion.

Mereka mengelu-elukan Juergen Klopp yang terlihat diangkat badannya beramai-ramai ke udara oleh para pemain Liverpool.

Suporter juga bisa ngemil di berbagai Champions Village yang disiapkan para sponsor, suporter wajib memperlihatkan gelang yang mereka miliki untuk masuk.



Simak Juga "Sederet Penyelamatan Gemilang Alisson demi Liverpool":

[Gambas:Video 20detik]

(ddn/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed