sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 14 Agu 2019 12:27 WIB

9 Fakta Jelang Liverpool Vs Chelsea di Piala Super Eropa

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
Liverpool vs Chelsea akan memperebutkan trofi Piala Super Eropa (Foto: Michael Regan/Getty Images) Liverpool vs Chelsea akan memperebutkan trofi Piala Super Eropa (Foto: Michael Regan/Getty Images)
FOKUS BERITA Liverpool vs Chelsea
Jakarta - Laga Piala Super Eropa 2019 akan mempertemukan Liverpool dan Chelsea. Berikut adalah data dan fakta dari duel sesama tim Premier League ini.

Pertandingan Liverpool vs Chelsea di Piala Super Eropa akan digelar di Vodafone Park, Istanbul, Kamis (15/8/2019) dini hari WIB. Untuk pertama kalinya, dua tim Inggris akan memperebutkan trofi Piala Super Eropa.

Menuju laga ini, Liverpool berbekal hasil positif di Liga Inggris. The Reds mencatatkan start impresif lewat kemenangan 4-1 atas Norwich City.

Di sisi lain, Chelsea justru tak mendapat modal bagus jelang duel melawan Liverpool. Tim arahan Frank Lampard itu kalah dengan skor mencolok, 0-4, di markas Manchester United di pekan pertama Liga Inggris.


Berikut adalah data dan fakta dari laga Liverpool vs Chelsea seperti dirangkum Opta:

- Piala Super Eropa 2019 antara Liverpool dan Chelsea akan jadi duel pertama antara sesama tim Inggris di sepanjang sejarah kompetisi.

- Lima dari enam Piala Super Eropa dimenangi oleh juara Liga Champions (Real Madrid pada 2014, 2016, 2017, Bayern Munich pada 2013 dan Barcelona pada 2015). Pengecualian adalah Atletico Madrid (juara Liga Europa) mengalahkan Real Madrid 4-2 pada 2018.

- Ini akan jadi pertemuan pertama antara Liverpool dan Chelsea di kompetisi Eropa sejak April 2009 di Liga Champions. Kala itu kedua tim bermain imbang 4-4 di leg kedua perempatfinal di Stamford Bridge. Chelsea lolos ke semifinal dengan agregat 7-5).

- Liverpool hanya menang sekali dalam enam pertandingan terakhirnya melawan Chelsea di semua kompetisi (D3 L2). Kemenangan tersebut diraih di Premier League pada April 2019 dengan skor 2-0 berkat gol Sadio Mane dan Mohamed Salah.


- Chelsea bikin gol dalam 18 dari 19 pertandingan terarkhir melawan Liverpool di semua kompetisi (total 24 gol). Satu-satunya laga di mana Chelsea tidak bikin gol adalah saat kalah 0-2 di Anfield di pertemuan terakhir.

- Sejak gabung Liverpool pada Oktober 2015, Juergen Klopp memenangi tiga dari sembilan laga melawan Chelsea di semua kompetisi (D4 L2), termasuk cuma sekali dalam enam pertemuan terakhir (D3 L2).

- Mohamed Salah mencetak lima gol dalam delapan pertandingan terakhir melawan Chelsea. Tiga gol di antaranya dibuat di kompetisi Eropa saat bersama Basel.

- Olivier Giroud adalah top skorer Liga Europa musim lalu dengan 11 gol untuk Chelsea. Sejak merumput di Inggris, Giroud sudah mencetak enam gol melawan Liverpool di semua kompetisi. Hanya melawan Sunderland (7), Southampton, Newcastle, dan Aston Villa (8) Giroud mencetak gol lebih banyak.

- Roberto Firmino sudah tujuh kali main lawan Chelsea bersama Liverpool di semua kompetisi tanpa mencetak satu gol pun. Hanya melawan Everton (8) dia tampil lebih banyak tanpa bikin gol.



Simak Video "Klopp yang 'Sudah Mapan' Vs Lampard yang 'Masih Hijau'"
[Gambas:Video 20detik]
(nds/fem)
FOKUS BERITA Liverpool vs Chelsea
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
NEWS FEED