sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 15 Agu 2019 04:50 WIB

Liverpool Juara Piala Super Eropa Usai Tundukkan Chelsea via Adu Penalti

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Liverpool juara Piala Super Eropa. (Foto: Michael Regan/Getty Images) Liverpool juara Piala Super Eropa. (Foto: Michael Regan/Getty Images)
Jakarta - Liverpool tampil sebagai juara Piala Super Eropa usai melakoni laga berat dengan Chelsea. Usai imbang 2-2 di 120 menit, 'Si Merah' menang 5-4 via adu penalti.

Pertandingan Liverpool vs Chelsea di Vodafone Park, Kamis (15/8/2019) dinihari WIB berjalan menarik dan dalam tempo tinggi sejak selepas sepak mula. Chelsea yang lebih dominan di babak pertama unggul lebih dulu berkat Olivier Giroud pada menit ke-36.

Liverpool membalasnya di awal babak kedua, tepatnya pada menit ke-48 lewat Sadio Mane. Jawara Liga Champions ini lebih menguasai babak kedua, namun cuma mampu mencetak satu gol sehingga pertandingan lanjut ke extra time.

Mane lantas membawa Liverpool berbalik unggul di menit ke-95. Tapi sebuah kesalahan dari Adrian berujung penalti untuk Chelsea, yang sukses dituntaskan Jorginho. Skor 2-2 bertahan sampai babak tambahan tuntas.

Di adu penalti, lima penendang Liverpool sukses menceploskan bola ke dalam gawang. Sementara eksekutor kelima Chelsea, Tammy Abraham, gagal setelah tendangannya dihalau Adrian, memastikan Liverpool mengangkat trofi.

Jalannya Pertandingan

Liverpool menebar ancaman di menit ketujuh saat umpan silang Jordan Henderson coba disambut Sadio Mane dengan tendangan salto. Tapi upayanya membentur Andreas Christensen dan cuma menghasilkan korner yang tak berujung ancaman lain untuk Chelsea.

Situasi bagus lainnya diciptakan Liverpool di menit ke-10. Tendangan bebas Mohamed Salah membentur Jole Matip dan bola liar diarahkan Virgil van Dijk ke Fabinho. Percobaannya masih terlalu mudah untuk kiper.

Chelsea merespons dengan tusukan N'Golo Kante dari tengah, tapi belum menghasilkan peluang yang cukup bagus. Bolanya dipotong pertahanan Liverpool.

Liverpool melakukan tusukan di kanan pada menit ke-13, di mana Jordan Henderson mengirim umpan silang deras ke tengah kotak penalti. Mane bersiap menyelesaikannya, tapi Christensen lebih dulu memotong umpan.

Salah mendapatkan peluang bagus tiga menit berselang saat menerima umpan terobosan dan tinggal menghadapi Kepa Arrizabalaga. Sontekannya masih bisa dihentikan kiper Chelsea tersebut.

Respons instan dari Chelsea. Olivier Giroud lolos di sisi kiri dan mencoba melepaskan sepakan keras mendatar. Masih melebar.

Pedro! Nyaris saja Chelsea unggul di menit ke-22. Sang winger itu menusuk di kiri dan mengarahkan tendangan kencang yang masih membentur mistar gawang saja.

Liverpool mendapatkan peluang dari sepak pojok di menit ke-29. Umpan James Milner ditanduk Van Dijk, namum masih tipis di atas gawang. Dua menit berselang, giliran Mane punya kans tapi digagalkan oleh Kepa.

Chelsea semakin merepotkan pertahanan Liverpool dengan tusukan-tusukan para pemainnya. Mateo Kovacic menerima umpan terobosan dari Pedro dan coba melewati Adrian, tapi kiper Liverpool itu mampu menyerobot bola.

GOL! Chelsea memimpin di menit ke-36. Diawali aksi Kante melewati Fabinho dan Mane, bola lalu dioper ke Pulisic. Pulisic yang dikepung pemain Liverpool dengan cerdik menyontek bola ke Giroud yang terbebas di kiri.

Giroud tenang saja menaklukkan Adrian dengan sepakan mendatar ke pojok kanan bawah.

Chelsea bikin gol lagi empat menit berselang, tapi dianulir. Pulisic bergerak memotong ke tengah dari sisi kiri, lalu mengirim tendangan mendatar ke pojok kiri bawah tanpa terjangkau Adrian. Belakangan diketahui posisinya offside.

Salah menusuk untuk Liverpool di menit ke-44. Tapi penyelesaian akhirnya menghantam tubuh pemain Chelsea. Babak pertama berakhir tak lama kemudian.

Liverpool langsung menggebrak di awal babak kedua dan menyamakan kedudukan. Roberto Firmino meneruskan umpan Fabinho ke Mane, yang langsung menyontek ke arah gawang.

Bola sempat dihentikan Kepa, tapi Mane langsung menyambarnya di kesempatan kedua.

Liverpool menebar ancaman lain pada menit ke-49, ketika operan Firmino disambar Fabinho dari luar kotak penalti. Tendangan kerasnya meluncur ke samping kanan gawang.

Liverpool mulai lebih memegang kontrol pertandingan. Nyaris saja mereka membalikkan keadaan dan memimpin di menit ke-76.

Berawal dari sepak pojok, bola jatuh ke kaki Salah yang langsung mengarahkan tendangan keras ke gawang. Kepa menepis bola, tapi Van Dijk datang untuk menyambar.

Kepa dengan sigap menghalau tendangan bek Liverpool itu, dengan bola pada prosesnya mengenai tiang sebelum akhirnya menjauh dari gawang Chelsea.

Liverpool mendapatkan tendangan bebas di posisi bagus, tak jauh di depan kotak penalti Chelsea. Salah maju sebagai eksekutor, hanya saja tendangannya membentur pagar pemain dan melesat ke atas.

Chelsea punya sebuah gol lain yang dianulir di menit ke-84. Mason Mount menerima umpan terobosan dari Jorginho dan menaklukkan Adrian. Hakim garis jeli melihatnya sudah lebih dulu offside.

Liverpool mengancam tiga menit berselang. Umpan Salah disambar Mane di kesempatan pertama, namun hakim garis sudah mengangkat bendera tanda offside. Sampai 90 menit berakhir, tak ada gol lain tercipta.

Peluang langsung diciptakan Liverpool di menit ketiga babak tambahan. Joe Gomez mendapatkan ruang, tapi tembakannya mudah diamankan Kepa.

GOL! Liverpool memimpin di menit ke-95. Firmino menusuk di kiri dan mengirim umpan tarik yang langsung disambar Mane. Bola meluncur deras ke pojok kanan atas.

Penalti untuk Chelsea di menit ke-99! Adrian menjatuhkan Tammy Abraham saat berupaya menyerobot bola dari kaki penyerang Chelsea itu. Jorginho jadi eksekutor dan sukses mengecoh Adrian dengan tembakan mendatar ke sisi kanan.

Chelsea nyaris mencetak gol di menit ke-104. Umpan tarik Pedro dari kanan disontek Abraham, namun meluncur tipis ke kiri gawang.

Di menit ke-113, Adrian tampil gemilang mengagalkan ancaman dari Mount. Liverpool selamat dari ancaman lain saat sepakan Pedro berakhir tipis di kanan gawang.

Hingga babak tambahan berakhir, tak ada pemenang. Liverpool vs Chelsea pun mesti ditentukan via adu penalti.

Lima penendang Liverpool sukses menjalankan tugasnya. Sementara eksekutor kelima Chelsea yakni Tammy Abraham gagal setelah tendangannya ke arah tengah dihalau Adrian dengan kaki. Liverpool pun tampil sebagai juara Piala Super Eropa.

Penalti

Liverpool
Firmino - Gol
Fabinho - Gol
Origi - Gol
Alexander-Arnold - Gol
Salah - Gol

Chelsea
Jorginho - Gol
Barkley - Gol
Mount - Gol
Emerson - Gol
Abraham - Gagal

Susunan pemain:

Liverpool: Adrian, Gomez, Matip, Van Dijk, Robertson (Alexander-Arnold 91'), Fabinho, Milner (Wijnaldum 64'), Henderson, Oxlade-Chamberlain (Firmino 46'), Mane (Origi 103'), Salah

Chelsea: Kepa, Azpilicueta, Christensen (Tomori 85'), Zouma, Emerson, Jorginho, Kante, Kovacic (Barkley 101'), Pedro, Giroud (Abraham 74'), Pulisic (Mount 74')

Simak Video "Klopp yang 'Sudah Mapan' Vs Lampard yang 'Masih Hijau'"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com