sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 17 Sep 2019 20:16 WIB

Saatnya Ajax ke Liga Champions Tanpa De Jong dan De Ligt

Adhi Indra Prasetya - detikSport
Pemain Ajax Amsterdam. (Foto: Dean Mouhtaropoulos/Getty Images) Pemain Ajax Amsterdam. (Foto: Dean Mouhtaropoulos/Getty Images)
Amsterdam - Ke Liga Champions 2019/2020, Ajax Amsterdam tak lagi diperkuat Frenkie De Jong dan Matthijs de Ligt. Namun, De Amsterdammers diyakini tak terpengaruh.

Musim lalu, Ajax bisa melaju sampai semifinal Liga Champions. Penampilan oke klub asuhan Erik ten Hag itu dinilai karena dimotori De Jong dan De Ligt.

De Jong tampil apik di lini tengah. Ia punya rata-rata umpan sukses mencapai 89.3 persen dari 11 penampilannya. Pemain 22 tahun itu pun diganjar sebagai gelandang terbaik Liga Champions musim lalu.


[Gambas:Opta]




Adapun De Ligt menjadi tembok tangguh di lini belakang, dengan membuat 46 clearance, 8 blok, dan 15 intersepsi. Sebagai bek, De Ligt rupanya juga rajin membuat membantu serangan. Tercatat Opta, ia punya 6 shot on target dan membuat 2 gol.

Kini, keduanya sudah meninggalkan Ajax. De Jong dibeli Barcelona, sementara De Ligt pindah ke Juventus.


[Gambas:Opta]




Kehilangan dua pilar utamanya tak membuat Ajax bersedih. Winger Dusan Tadic menjelaskan, timnya masih punya banyak pemain muda sehingga meyakini performanya di Liga Champions 2019/2020 tetap oke.

Ajax sendiri berhasil lolos ke fase grup Liga Champions 2019/2020. Mereka tergabung di Grup H bersama Chelsea, Valencia, dan Lille. Laga perdananya adalah menghadapi Lille di Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Rabu (18/9) dini hari WIB.

"Kami tidak sedih dengan kepergian De Jong dan De Ligt. Kami akan merindukan mereka, tapi kepindahan itu juga penting bagi karier mereka dan Ajax selalu mendukung pemainnya yang ingin mencoba tantangan baru," ujar Tadic, dalam wawancaranya bersama Telegraph.

"Mereka berdua pindah ke klub besar, itu bukanlah kejutan. Bagusnya, ada banyak pemain yang bisa pergi pada musim panas lalu tapi memutuskan tetap bertahan. Itu juga penting."




"Kondisinya akan lebih sulit tanpa mereka berdua, tapi bukan suatu yang mustahil. Kami masih punya skuat yang bagus, masih bisa memenangkan trofi, dan kami masih bisa bermain baik di kompetisi Eropa. Ada banyak pemain muda yang akan memberikan dampak positif."

"Ajax telah menjual banyak pemain besar sejak dulu, dan begitulah kondisi di klub ini. Jadi sekarang tergantung para pemain muda untuk mengemban tanggung jawab," jelas pemain asal Serbia itu.

Simak Video "Pidato Aneh Eric Cantona Sebelum Drawing Fase Grup Liga Champions"
[Gambas:Video 20detik]
(yna/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com