sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 18 Mar 2020 10:03 WIB

UEFA Targetkan Liga-liga Eropa Selesai 30 Juni

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Manchester Citys Raheem Sterling, center, fights for the ball during the English Premier League soccer match between Manchester United and Manchester City at Old Trafford in Manchester, England, Sunday, March 8, 2020. (AP Photo/Dave Thompson) UEFA ingin kompetisi Eropa selesai 30 Juni (Dave Thompson/AP Photo)
Nyon -

UEFA dan klub-klub Eropa sepakat untuk menuntaskan musim pada 30 Juni mendatang. Tapi, lagi-lagi harus melihat situasi yang ada terkait pandemi virus corona.

UEFA akhirnya memutuskan untuk menunda Piala Eropa 2020 hingga 11 Juni-11 Juli 2021. Ini menyusul teror virus corona yang makin menggila di dunia saat ini, terutama Eropa.

Di Italia, sudah ada 31.506 kasus dengan korban meninggal mencapai 2.503 menyusul Spanyol dengan 11.826 kasus dengan 533 meninggal dunia, dan Jerman dengan 9.360 kasus dengan 26 meninggal dunia.

Keputusan UEFA menunda Piala Eropa ini juga berimbas kepada kompetisi-kompetisi lainnya, termasuk liga-liga top Eropa yang saat ini praktis berhenti sementara. Premier League, Serie A, LaLiga, Ligue, dan Bundesliga menargetkan setidaknya liga bisa berjalan lagi awal April.



Tapi, melihat kondisi terkini saat ini, hal itu akan sulit dilakukan. Oleh karenanya dalam rapat darurat dengan UEFA, Selasa (17/3/2020), Asosiasi klub Eropa memutuskan tanggal 30 Juni sebagai tenggat terakhir kompetisi bergulir.

Sebab, di hari itulah kontrak para pemain dengan klub biasanya akan berakhir dan mereka setelahnya bisa bergabung dengan klub barunya. Metode yang akan dipakai oleh UEFA adalah kompetisi domestik yang tertunda dihelat di tengah pekan dan kompetisi klub antar Eropa dihelat di akhir pekan.

Untuk jadwal kompetisi Liga Champions dan Liga Europa 2020/2021 akan menyesuaikan dengan sendirinya. Tapi, UEFA memberi catatan bahwa hal ini bisa dilakukan jika situasi yang ada sudah mereda dan dianggap aman untuk menggelar pertandingan.



Simak Video "Terkait Corona, Liga Champions Pekan Depan Ditiadakan"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com