sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 14 Apr 2020 15:00 WIB

Juli, Sepakbola di Eropa Mulai Bergulir Lagi?

Okdwitya Karina Sari, Okdwitya Karina Sari - detikSport
PARIS, FRANCE - MARCH 11: (FREE FOR EDITORIAL USE) In this handout image provided by UEFA, General view inside the empty stadium as the two teams line up prior to the UEFA Champions League round of 16 second leg match between Paris Saint-Germain and Borussia Dortmund at Parc des Princes on March 11, 2020 in Paris, France. The match is played behind closed doors as a precaution against the spread of COVID-19 (Coronavirus).  (Photo by UEFA - Handout/UEFA via Getty Images) Sepakbola di Eropa akan kembali di bulan Juli 2020? (Foto: UEFA via Getty Images/UEFA - Handout)
Jakarta -

Boleh jadi tiga bulan lagi kompetisi liga sepakbola di Eropa bisa kembali bergulir, menyusul kabar terjalinnya kesepakatan antara UEFA dengan ECA (Asosiasi Klub Eropa).

Laporan Cadena SER mengungkapkan UEFA dan ECA sudah menyepakati bahwa kompetisi sepakbola akan dilanjutkan pada bulan Juli 2020. Saat ini sebagian besar kompetisi ditangguhkan karena pandemi virus corona.

Seluruh liga domestik akan dituntaskan di bulan tersebut. Sedangkan Liga Champions dan Liga Europa akan digelar mulai Agustus.

Meski demikian, UEFA memprioritaskan agar semua kompetisi di musim ini bisa selesai. Berbagai opsi sedang dipelajari dan memungkinkan adanya perubahan lebih lanjut, yang berkaitan dengan logistik kompetisi.

Dari keseluruhan skenario yang mungkin dijalankan, satu hal yang jelas adalah pertandingan akan dimainkan secara tertutup alias tanpa kehadiran penonton di stadion. Langkah ini tidak mengagetkan karena dipandang sebagai cara yang paling aman untuk mencegah penularan COVID-19.

Adapun opsi lain yang sedang dibahas. Disebutkan SER lagi, sebagai contohnya, laga-laga knockout Liga Champions dan Liga Europa akan dimainkan satu leg, bukannya dua leg, di venue netral.

Lima liga top Eropa hanya tinggal menyisakan tak kurang dari 12 pertandingan. Liga Inggris sebagian sudah menjalani 29 pekan, Liga Italia 26 pekan, Liga Spanyol 27 pekan, dan Liga Jerman 25 pekan.



Simak Video "Terkait Corona, Liga Champions Pekan Depan Ditiadakan"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com