sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 04 Agu 2020 12:25 WIB

Guardiola Vs Zidane, Duel Pelatih Plontos yang Sama-sama Jos

Kris Fathoni W - detikSport
MADRID, SPAIN - FEBRUARY 26: Pep Guardiola, Manager of Manchester City shakes hands with Zinedine Zidane, Manager of Real Madrid prior to the UEFA Champions League round of 16 first leg match between Real Madrid and Manchester City at Bernabeu on February 26, 2020 in Madrid, Spain. (Photo by David Ramos/Getty Images) Guardiola Vs Zidane, Duel Pelatih Plontos yang Sama-sama Jos. (Foto: Getty Images/David Ramos)
Jakarta -

Ada Pep Guardiola Vs Zinedine Zidane di balik Manchester City Vs Real Madrid. Berikut komparasi statistik dua pelatih plontos itu, yang prestasinya sama-sama jos.

Duel Man City Vs Madrid akan hadir dalam laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions, Sabtu (8/8) dini hari WIB. The Citizens unggul agregat 2-1 modal dari kemenangan dengan skor tersebut pada leg pertama di kandang El Real.

Pertarungan tersebut sekaligus menghadapkan dua peracik taktik jempolan yang akan beradu strategi; Pep Guardiola di Man City dan Zinedine Zidane di Real Madrid.

25 Jun 2000:  Zinedine Zidane (No.10 Shirt) of France and Josep Guardiola (No.4 Shirt) of Spain talk to Referee Pierluigi Collina of Italy during the European Championships 2000 Quarter Final match at the Jan Breydel Stadium, Brugge, Belgium. France won2-1.  Mandatory Credit: Graham Chadwick /AllsportPep Guardiola dan Zinedine Zidane semasa masih bermain, di samping wasit kondang Pierluigi Collina. (Foto: Getty Images/Graham Chadwick)

Dalam komparasi di antara kedua pelatih, yang juga sama-sama punya karier bermain cemerlang, Marca menyebut bahwa saat ini Zidane memiliki rata-rata trofi per laga lebih baik ketimbang Guardiola. Menimbang jumlah trofi dan laga, Zidane punya rata-rata satu trofi setiap 19 laga sedangkan Guardiola satu dari 22.

"Tapi jika fokus pada periode terbaiknya di Camp Nou, Pep meraih satu trofi dalam setiap 18 pertandingan, mengungguli rivalnya itu," sebut Marca, merujuk pada masa-masa Pep Guardiola menangani Barcelona, jelang Manchester City Vs Real Madrid.

Dalam perbandingan lebih jauh, baik Zinedine Zidane maupun Guardiola sama-sama menerapkan skema ofensif buat timnya masing-masing. Ini tercermin dari rata-rata 2,4 gol per laga Real Madrid, tak jauh dari 2,5 gol di setiap pertandingan Man City.

"Guardiola unggul dalam hal persentase kemenangan dalam pertandingannya, setelah berjaya dalam 73,8 persen dari 639 laga yang ia tangani, cuma kalah 74 kali. Sementara si sosok Prancis tidak ketinggalan jauh dengan rata-rata kemenangan 67,14 persen, kalah 26 kali dari total 210 laga."

Sebuah statistik Zinedine Zidane lain tampak menonjol karena dari 11 gelar yang sudah diraih sebagai pelatih, ia mampu sapu bersih kemenangan dalam seluruh sembilan laga final timnya, termasuk tiga titel Liga Champions beruntun. Di sisi lain, Pep Guardiola belum pernah lagi bisa menjuarai Liga Champions semenjak meninggalkan Barcelona.

Di sisi lain, Pep Guardiola punya pencapaian domestik yang sungguh luar biasa terutama di liga. Ia sudah mengoleksi delapan titel liga domestik di klub-klub yang ia latih.

"Dalam empat tahunnya di Barcelona, ia cuma kehilangan satu titel LaLiga Santander dari Real Madrid sebelum mengangkat tiga trofi Bundesliga dengan Bayern Munich dan kemudian meraih dua titel Premier League dari empat musimnya bersama Manchester City."

Kini kedua pelatih plontos yang sama-sama jos itu akan berhadapan lagi. Dalam duel pertama mereka musim ini, Pep Guardiola yang jadi pemenang mengungguli Zinedine Zidane. Bagaimana dengan di duel Manchester City Vs Real Madrid pekan ini?



Simak Video "Zidane Jadi Pelatih Terbaik Dunia, Klopp-Guardiola Lewat"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com