sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 05 Agu 2020 21:30 WIB

Iker Casillas Pensiun, Dua Rekornya Ini Lagi Dibidik Cristiano Ronaldo

Kris Fathoni W - detikSport
BARCELONA, SPAIN - MAY 11: Iker Casillas (L) and Cristiano Ronaldo of Real Madrid CF chat as they sit on the bench during the La Liga match between RCD Espanyol and Real Madrid CF at Cornella-El Prat Stadium on May 11, 2013 in Barcelona, Spain.  (Photo by David Ramos/Getty Images) Iker Casillas dan Cristiano Ronaldo semasa di Real Madrid. (Foto: Getty Images/David Ramos)
Jakarta -

Pengumuman Iker Casillas pensiun direspons dunia sepakbola dengan mengenang kejayaannya. Apalagi Casillas punya sejumlah pencapaian, walaupun yang dua ini sekarang dalam bidikan Cristiano Ronaldo.

Momen pensiun itu dilakukan Iker Casillas tidak dalam kondisi yang ideal. Bukan apa-apa, kiper legendaris Spanyol itu harus gantung sepatu setelah belum kembali bermain akibat kena serangan jantung pada April 2019.

Pengumuman Iker Casillas pensiun ini pun jadi kian menyentuh hati karena perpisahan itu ia lakukan lewat media sosial, alih-alih lewat sebuah momen perpisahan di atas lapangan yang lebih layak untuk pemain sebesar dirinya.

Iker Casillas sendiri mengumumkan keputusannya pensiun bermain tepat di saat akan kembali bergulirnya Liga Champions, sebuah ajang yang pernah dijuarainya tiga kali bersama Real Madrid. Di ajang itu pula ia punya torehan dengan tinta emas.

Jumlah clean sheet, misalnya. Saat ini Saint Iker masih memegang rekor jumlah clean sheet terbanyak di Liga Champions dengan 57 laga (59 jika menghitung dua laga kualifikasi), dengan rincian 50 bersama Real Madrid dan tujuh di Porto.

Ketangguhannya di bawah mistar gawang juga membuat Iker Casillas tercatat sebagai sosok yang paling banyak menyelamatkan tendangan penalti (di luar adu penalti) di Liga Champions dengan tujuh saves dari 23 tembakan. Ia juga masih tercatat sebagai kiper termuda yang pernah menjuarai Liga Champions, saat melakukannya di tahun 2000 pada usia 19 tahun dan 4 hari.

Ada pula dua rekor lain yang masih dipegang Iker Casillas di Liga Champions, walaupun saat ini pencapaian itu sudah dalam bidikan Cristiano Ronaldo, yang pernah jadi rekan satu timnya di Real Madrid.

Yang pertama, sebagaimana dicatat UEFA.com, adalah jumlah penampilan terbanyak. Ronaldo butuh delapan laga lagi untuk bisa menyamai rekor penampilan Iker Casillas di Liga Champions.

177 Iker Casillas, Spanyol
169 Cristiano Ronaldo, Portugal
151 Xavi Hernández, Spanyol
142 Raúl González, Spanyol
141 Ryan Giggs, Wales
141 Lionel Messi, Argentina
130 Andrés Iniesta, Spanyol
125 Clarence Seedorf, Belanda
124 Paul Scholes, Inggris
124 Sergio Ramos, Spanyol
123 Gianluigi Buffon, Italia

Rekor lain dari Iker Casillas yang kini dalam intaian Cristiano Ronaldo juga terkait jumlah penampilan. Casillas masih tercatat sebagai penampil terbanyak di fase grup Liga Champions, dengan Ronaldo di posisi kedua.

94 Iker Casillas (Real Madrid, Porto)
89 Cristiano Ronaldo (Manchester United, Real Madrid, Juventus)
80 Xavi Hernández (Barcelona)

Sekalipun kedua rekor itu nantinya mungkin akan dipatahkan Cristiano Ronaldo, karier Iker Casilas di dunia sepakbola tetap takkan berkurang keistimewaannya. Iker Casillas pensiun dengan meninggalkan seabreg kisah sukses dalam karier bermainya.



Simak Video "Iker Casillas Pensiun, Ini Aksi Kerennya di Bawah Mistar Gawang"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com