sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 04 Agu 2020 20:05 WIB

Iker Casillas Pensiun

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
BUCHAREST, ROMANIA - NOVEMBER 30: Iker Casillas, Former Spain player looks on from the stage during the UEFA Euro 2020 Final Draw Ceremony at the Romexpo on November 30, 2019 in Bucharest, Romania. (Photo by Dean Mouhtaropoulos/Getty Images) Iker Casillas pensiun (Foto: Dean Mouhtaropoulos/Getty Images)
Jakarta -

Berakhir sudah perjalanan karier Iker Casillas di dunia sepakbola. Kiper asal Spanyol itu mengumumkan keputusannya untuk pensiun.

Casillas, 39 tahun, belum kembali bermain setelah sempat terkena serangan jantung saat latihan bersama Porto pada April 2019. Selama masa pemulihan, Casillas gabung staf pelatih pada Juli 2019.

Lewat akun Twitter-nya, Selasa (4/8/2020), Casillas mengumumkan keputusannya untuk gantung sepatu. Mantan penjaga gawang Real Madrid itu menulis sebuah surat yang ia unggah di akun media sosialnya.

"Ini adalah hari yang paling penting dan di saat bersamaan juga yang paling sulit dalam karier olahraga saya, waktunya tiba untuk mengucap selamat tinggal," Casillas menulis dalam suratnya, seperti dikutip ESPN.

"Saya sangat beruntung berkarier di bidang yang sangat saya sukai, sesuatu yang mengisi dan membuat saya bahagia."

"Karier sepakbola saya dimulai 30 tahun lalu dan sudah jadi jalan panjang dan seperti perjalanan lainnya, ada masa senang dan sedih. Menengok ke belakang dan di titik ini dalam hidup saya, saya bisa bilang ini sepadan."

Casillas menghabiskan sebagian besar kariernya bersama Real Madrid. Dia tercatat tampil 725 kali di semua kompetisi selama 16 musim berseragam Los Blancos.

Bersama Madrid, Casillas menjuarai Liga Champions tiga kali dan LaLiga lima kali. Sementara di level timnas, Casillas mengantar Spanyol memenangi Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2008 dan 2012.

Madrid pun mengungkapkan apresiasinya untuk Casillas. Madrid menyebut Casillas sebagai kiper terbaik dalam sejarah Madrid dan sepakbola Spanyol.

"Real Madrid ingin menyampaikan apresiasi, kekaguman, dan cinta untuk salah satu legenda terhebat dari klub kami dan dunia sepakbola," Madrid menulis dalam pernyataan di situs resminya.

"Iker Casillas di hati Real Madrid dan akan selamanya demikian."



Simak Video "Iker Casillas Pensiun, Ini Aksi Kerennya di Bawah Mistar Gawang"
[Gambas:Video 20detik]
(nds/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com