sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 06 Agu 2020 06:30 WIB

New Normal Liga Champions: Pemain Dilarang Tukaran Jersey!

Mohammad Resha Pratama - detikSport
BARCELONA, SPAIN - OCTOBER 24: The Champions League logo is seen prior to the Group B match of the UEFA Champions League between FC Barcelona and FC Internazionale at Camp Nou on October 24, 2018 in Barcelona, Spain.  (Photo by David Ramos/Getty Images) Para pemain dilarang tukaran jersey di Liga Champions (Getty Images/David Ramos)
Nyon -

Liga Champions 2019/2020 akan bergulir lagi pekan ini. Sejumlah aturan baru diberlakukan di tengah new normal kompetisi ini.

Liga Champions seperti halnya kompetisi Eropa lainnya juga dihentikan sejak Maret lalu karena pandemi virus corona. Sempat terancam dibatalkan. Liga Champions akhirnya bergulir juga mulai 7 Agustus.

Beberapa partai leg kedua 16 besar Liga Champions yang belum tuntas akan digelar, seperti Manchester City vs Real Madrid dan Barcelona vs Napoli. Sementara fase perempatfinal bakal dimulai sepekan setelahnya.

Karena digelar dalam kondisi new normal ketika pandemi virus corona belum dituntaskan sepenuhnya, laga Liga Champions akan dihelat dengan format satu leg dan dipusatkan di Lisbon, Portugal.

Selain venue yang terpusat, ada juga beberapa aturan baru yang diterapkan di kodisi seperti sekarang. Salah satunya adalah para pemain dilarang bertukar jersey seusai pertandingan, tradisi yang biasanya lazim dilakukan.

Para pemain dilarang melakukan itu demi menghindari penularan COVID-19 dan sudah diberlakukan sejak fase 16 besar. Jika aturan itu dilanggar maka pemain yang bersangkutan akan absen di sisa kompetisi karena harus menjalani karantina 12 hari di hotel.

Selain itu, para pemain dan juga staf termasuk pelatih akan melakukan swab test saat tiba di Portugal untuk mengikuti perempatfinal Liga Champions. Laga perdana di Portugal adalah Atalanta vs PSG di Estadio Da Luz 12 Agustus.

Swab test akan dilakukan dua kali, yakni sehari sebelum pertandingan dan hasilnya akan keluar enam jam sebelum kick-off. Jika ada yang positif, maka para pemain akan menjalani isolasi 14 hari.

Para pemain dan staf juga tidak bisa meninggalkan hotel sembarang tanpa izin otoritas UEFA. Jika diizinkan pun, mereka tidak boleh melakukan kontak dengan orang-orang di luar tim. Sebab tim akan diletakkan di hotel selama 12 hari dan hanya boleh keluar saat latihan serta pertandingan.

UEFA juga menyediakan satu kamar per pemain dan tidak boleh berbarengan dengan rekan setimnya. Staf klub wajib mencuci seluruh perlengkapan perang tim-tim dan tidak boleh dari pegawai hotel.

Bahkan para pemilik klub, staf, direksi, dan petinggi dilarang untuk berada satu hotel dengan tim, sehingga higienitas tetap terjaga dan lebih mudah dilacak jika ada yang positif. New normal Liga Champions ribet juga ya.



Simak Video "Neymar Berlinang Air Mata"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com