sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 16 Agu 2020 07:34 WIB

9 Fakta yang Perlu Kamu Tahu Usai Man City Vs Lyon

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
LISBON, PORTUGAL - AUGUST 15: Moussa Dembele of Olympique Lyon celebrates after scoring his teams third goal during the UEFA Champions League Quarter Final match between Manchester City and Lyon at Estadio Jose Alvalade on August 15, 2020 in Lisbon, Portugal. (Photo by Franck Fife/Pool via Getty Images) Lyon melangkah ke semifinal Liga Champions usai menang 3-1 atas Manchester City (Foto: Franck Fife/Pool via Getty Images)
Jakarta -

Lyon menghentikan Manchester City untuk melaju ke semifinal Liga Champions. Ada sejumlah data dan fakta menarik dari pertandingan ini.

Lyon mengalahkan City di perempatfinal Liga Champions. Bertanding di Estadio Jose Alvalade, Lisbon, Portugal, Minggu (16/8/2020) dini hari WIB, wakil Prancis itu menang 3-1 atas The Citizens.

Bagi Lyon, ini adalah kedua kalinya mereka lolos ke semifinal Liga Champions. Pada kesempatan sebelumnya, mereka dihentikan Bayern Munich, tim yang juga akan jadi lawan di semifinal musim ini.

Sementara itu, City lagi-lagi gagal melangkah jauh di Liga Champions. Ini jadi ketiga kalinya secara beruntun mereka terhenti di perempatfinal Liga Champions.

Berikut ini adalah data dan fakta dari laga Man City vs Lyon seperti dirangkum BBC dan situs resmi UEFA:

- Lyon lolos ke semifinal Liga Champions untuk kedua kalinya. Sebelumnya, mereka kalah 0-4 secara agregat dari Bayern Munich pada 2009/2010.

- Untuk pertama kalinya di era Liga Champions, tidak akan ada semifinalis dari Inggris, Spanyol, atau Italia. Di sisi lain, ini akan jadi kali pertama ada dua tim Prancis di semifinal.

- Pelatih Lyon Rudi Garcia adalah manajer pertama asal Prancis yang membawa tim Prancis ke semifinal Liga Champions sejak 2009/2010 (Claude Puel bersama Lyon).

- Setelah lolos dari tujuh perempatfinal pertamanya sebagai pelatih bersama Barcelona dan Bayern Munich, Pep Guardiola selalu tersingkir dalam tiga kali kesempatan bersama City.

- Semifinal Liga Champions akan mempertemukan dua tim Prancis (PSG, Lyon) dan dua tim Jerman (RB Leipzig, Bayern Munich). Ini adalah pertama kalinya sejak 2012/2013 di mana hanya ada dua negara berbeda di semifinal.

- Kevin de Bruyne paling banyak terlibat langsung dalam gol di musim 2019/2020 dibandingkan pemain Premier League lainnya (38 - 16 gol, 22 assist).

- Maxwell Cornet dan Moussa Dembele sudah mencetak empat gol di Liga Champions ke gawang City, sama banyaknya dengan Lionel Messi.

- Raheem Sterling mencatatkan penampilannya yang ke-50 di Liga Champions, di usia 25 tahun 251 hari. Satu-satunya pemain Inggris yang mencapai angka tersebut di usia yang lebih muda adalah Wayne Rooney pada 2010 (24 tahun, 115 hari).

- Sterling mencatatkan assist yang ke-11 untuk Manchester City di Liga Champions, paling banyak untuk City bersama De Bruyne.

(nds/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com