sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 16 Agu 2020 09:20 WIB

Sebuah Semifinal Liga Champions Tanpa Tim Inggris, Spanyol, Italia

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
LISBON, PORTUGAL - AUGUST 15: Moussa Dembele of Olympique Lyon celebrates with teammates after scoring his teams second goal during the UEFA Champions League Quarter Final match between Manchester City and Lyon at Estadio Jose Alvalade on August 15, 2020 in Lisbon, Portugal. (Photo by Miguel A. Lopes/Pool via Getty Images) Tak ada wakil Inggris, Spanyol, dan Italia di semifinal Liga Champions 2019/2020 (Foto: Miguel A. Lopes/Pool via Getty Images)
Jakarta -

Semifinal Liga Champions 2019/2020 mempertemukan empat tim dari Jerman dan Prancis. Untuk pertama kalinya, tak ada wakil Inggris, Spanyol, atau Italia.

Lyon jadi tim terakhir yang merebut tiket ke semifinal Liga Champions. Mereka lolos usai mengalahkan Manchester City dalam pertandingan perempatfinal dengan skor 3-1 di Estadio Jose Alvalade, Lisbon, Minggu (16/8/2020) dini hari WIB.

Lolos ke semifinal, Lyon akan menghadapi Bayern Munich. Pertandingan semifinal lainnya akan mempertemukan Paris Saint-Germain dengan RB Leipzig.

Dengan demikian, semifinal Liga Champions musim ini akan mempertemukan dua tim Prancis (PSG, Lyon) dengan dua tim Jerman (Leipzig, Bayern). Ini adalah kali pertama sejak 2012/2013 di mana hanya ada dua negara di semifinal Liga Champions.

Semifinal kali ini pun menjadi sejarah baru. Dilansir situs UEFA, untuk pertama kalinya sejak kompetisi ini berubah nama jadi Liga Champions pada 1992, tidak ada tim dari Inggris, Spanyol, atau Italia di babak semifinal.

Wakil-wakil terakhir dari ketiga negara tersebut habis di babak perempatfinal. City jadi tim Inggris yang melaju paling jauh setelah sang juara bertahan, Liverpool, dihentikan Atletico Madrid di babak 16 besar. Tottenham Hotspur dan Chelsea juga cuma sampai babak ini.

Atletico kemudian tersingkir di babak perempatfinal usai dikalahkan RB Leipzig. Satu wakil Spanyol lainnya, Barcelona, terhenti di perempatfinal secara tragis setelah dibantai Bayern dengan skor 2-8. Sedangkan Real Madrid sudah terdepak di babak 16 besar.

Sementara itu, wakil Italia yang melaju paling jauh di Liga Champions musim ini adalah Atalanta. Meski baru debut di Liga Champions, La Dea mampu menembus perempatfinal sebelum dihentikan PSG.

Juara Liga Italia, Juventus, justru cuma sampai babak 16 besar. Satu wakil Italia lainnya, Napoli, juga terhenti di babak ini.

Wakil Inggris, Italia, dan Spanyol justru 'berkumpul' di Liga Europa. Manchester United akan menghadapi Sevilla di semifinal Liga Europa, sedangkan Inter Milan ditantang Shakhtar Donetsk (Ukraina).

(nds/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com