sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 21 Okt 2020 16:40 WIB

Ajax Vs Liverpool di Liga Champions: Dulu The Reds Pernah Dibantai

Mohammad Resha Pratama - detikSport
AMSTERDAM - AUGUST 1:  Harry Kewell of Liverpool takes the ball past Maxwell of Ajax during the Sony Amsterdam Tournament match held on August 1, 2003 at The Amsterdam ArenA, in Amsterdam, Holland. The match ended in a 0-0 draw. (Photo by Jamie McDonald/Getty Images) Liverpool bertemu Ajax di turnamen pramusim. Mereka jarang bertemu di ajang Liga Champions (Getty Images/Jamie McDonald)
Amsterdam -

Liverpool akan bertemu Ajax Amsterdam di Liga Champions pekan ini. Seperti apa sih rekor pertemuan The Reds dengan tim Belanda di ajang tersebut?

Liverpool mengawal kiprahnya di Grup C dengan melawat ke Johan Cruyff ArenA, Kamis (22/10/2020) dini hari WIB nanti. Liverpool datang dengan kekuatan yang pincang karena tiga pemain intinya cedera, Virgil van Dijk, Thiago Alcantara, dan Joel Matip.

Kehilangan Van Dijk untuk waktu lama karena cedera ligamen tentu paling terasa, karena dia pilar di lini belakang. Kini Liverpool harus bisa menghadapi kecepatan para pemain muda di lini serang Ajax tanpa Van Dijk.

Sebetulnya, secara kualitas skuat, Liverpool masih di atas Ajax. Tapi, patut diingat kalau Liverpool pernah bertemu Ajax saat masih bernama Piala Champions tahun 1966/1967. Saat itu Liverpool disingkirkan di babak 16 besar.

Liverpool takluk dengan skor 1-5 di Amsterdam oleh Cruyff dkk pada 7 Desember 1966. Ajax yang dilatih Rinus Michels yang legendaris itu membuat Ron Yeats dan Tommy Smith di lini belakang Liverpool kerepotan.

Anak-anak asuh Bill Shankly tersebut kemudian gantian menjamu di Anfield sepekan setelahnya, tapi cuma bermain imbang 2-2.

Liverpool kemudian baru bertemu tim Belanda lagi ketika sudah berformat Liga Champions, yakni PSV sebanyak enam kali sedari 2006. Rinciannya adalah lima kemenangan dan satu imbang. Hebatnya Liverpool membuat 12 gol dan cuma kebobolan dua gol.

Kali terakhir bertemu adalah di fase grup Liga Champions 2008/2009 dengan dua kemenangan lewat skor identik 3-1. Satu-satunya hasil imbang didapat pada pertemuan pertama di fase grup Liga Champions 2006/2007 dengan skor 0-0.

Praktis cuma PSV dan Ajax, klub Belanda yang pernah ditemui Liverpool di Piala/Liga Champions. Sementara jika ditotal dengan kompetisi Eropa lainnya, Liverpool pernah bertemu Vitesse, AZ'67, dan FC Utrecht.

Total ada 14 pertemuan dengan Liverpool menang delapan kali, seri lima kali, dan cuma kalah sekali.

(mrp/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com