sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 24 Nov 2020 12:07 WIB

Kiev Vs Barcelona: Los Cules Justru Lebih Oke Tanpa Messi

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Barcelonas Lionel Messi celebrates with teammates after scoring from a penalty kick during the Champions League group G soccer match between FC Barcelona and Dynamo Kyiv at the Camp Nou stadium in Barcelona, Spain, Wednesday, Nov. 4, 2020. (AP Photo/Joan Monfort) Presentase kemenangan Barcelona di Liga Champions tanpa Lionel Messi lebih tinggi ketimbang bersama Messi. Foto: (AP/Joan Monfort)
Jakarta -

Absennya Lionel Messi mestinya tidak akan menjadi sandungan bagi Barcelona saat bertandang ke Dynamo Kiev. Statistik menunjukkan Barca lebih sip tanpa Messi.

Barcelona akan menghadapi Kiev di Stadion Olimpiysky pada lanjutan penyisihan Grup G Liga Champions, Rabu (25/11/2020) dinihari WIB. Untuk melakoni pertandingan itu, pelatih Ronald Koeman membawa 19 pemain Barca tanpa Messi, yang memang diistirahatkan bersama gelandang Frenkie de Jong.

Megabintang sepakbola Argentina itu sengaja diparkir setelah hanya melewatkan 45 menit dalam 11 pertandingan pertama Barcelona di sepanjang musim ini. Terlepas dari performa yang menurun, Messi merupakan topscorer Barcelona dengan enam gol.

Salah satu golnya tercipta ke gawang Kiev saat Barcelona menang 2-1 di Camp Nou, tiga pekan lalu. Meski demikian, Opta mencatat Barca justru lebih sering menang di Liga Champions tanpa pemain pilarnya itu.

Barcelona tercatat telah memenangi 10 dari 14 pertandingan (71,4%) tanpa Lionel Messi sejak musim 2008/09. Dibandingkan dengan ketika Barcelona diperkuat Messi yang meraup 77 kemenangan dalam 125 pertandingan atau 61,6%.

Bagaimanapun, Barcelona sudah di ambang kelolosan ke fase knockout. Dengan koleksi sembilan poin, Barca dipastikan melenggang dengan kemenangan atas Kiev atau seri pun akan cukup apabila di partai lainnya Juventus menumpas Ferencvaros.

"Kami akan butuh penampilan yang lebih baik untuk memenangi pertandingan, kalau kami tidak dalam penampilan terbaik mereka akan menyulitkan kami," tutur Koeman di Uefa.com.

"Sepakbola itu hanya soal hasil dan dalam hal ini kami tidak bisa gembira meski bukan berarti kami tidak memiliki ambisi. Besok adalah pertandingan lain dan kami di ambang kelolosan ke fase knockout Liga Champions dan kami mesti mengambil keuntungan," cetus dia jelang duel Kiev vs Barcelona.

(rin/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com