sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 02 Des 2020 15:45 WIB

Kelleher Gemilang, Nasib Adrian di Liverpool Bagaimana?

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Liverpools manager Jurgen Klopp, left, celebrates with Liverpools goalkeeper Caoimhin Kelleher at the end of the Champions League group D soccer match between Liverpool and Ajax at Anfield stadium in Liverpool, England, Tuesday, Dec. 1, 2020. (Michael Regan/Pool via AP) Caoimlin Kelleher tampil oke, Adrian San Miguel bagaimana? (AP/Michael Regan)
Liverpool -

Caoimhin Kelleher tampil gemilang pada laga debutnya di Liga Champions. Ini bisa jadi sinyal bahaya untuk status kiper kedua Liverpool, Adrian San Miguel.

Liverpool kembali diterpa badai cedera setelah Alisson Becker harus absen saat menghadapi Ajax Amsterdam di matchday kelima Grup D di Anfield, Rabu (2/11/2020) dini hari WIB.

Alisson mengalami cedera hamstring dan tempatnya diisi oleh.... Kelleher. Ya, kiper asal Republik Irlandia itu secara mengejutkan dipasang sebagai starter dan bukan Adrian yang selama ini jadi deputi Alisson.

Keputusan Juergen Klopp selaku manajer tentu dipertanyakan mengingat Kelleher selama ini baru sekali tampil di tim senior, yakni saat mengalahkan Milton Keynes Dons 2-0 di Piala Liga Inggris tahun lalu.

Kelleher memang selama ini cuma menanti kesempatan bermain, jika Alisson dan Adrian harus absen bersamaan. Tapi, kali ini Klopp mempercayainya dan Kelleher menjawab dengan gemilang.

Kelolosan Liverpool ke 16 besar usai menang 1-0 lewat gol Curtis Jones, tak lepas dari aksi mantap Kelleher di bawah mistar. Empat penyelamatan dibuat oleh pemain 22 tahun itu, termasuk membendung sundulan jarak dekat Klaas Jan Huntelaar di menit ke-86.

Performa top itu membuat Kelleher dipuja-puja oleh fans Liverpool dan juga tim. Bahkan ramai di media sosial meminta Kelleher untuk dijadikan pelapis permanen untuk Alisson, setelah Adrian kerap melakukan blunder.

Menyikapi hal tersebut, Klopp coba bersikap diplomatis. Keputusannya menurunkan Caoimhin Kelleher di laga kontra Ajax adalah murni karena taktik, bukan untuk menyingkirkan a.

"Saya rasa Adrian sudah tampil luar biasa untuk kami musim lalu dan juga di awal musim ini - saya tidak tahu berapa clean sheet yang dibuatnya," ujar Klopp seperti dikutip Sky Sports.

"Piala Super Eropa, Liga Champions, dia bermain di mana-mana, tapi di laga ini, kami butuh kemampuan bermain yang alami dari Caoimhin dan itu karena dia juga kiper yang sangat bagus," sambungnya soal performa kipernya itu di bawah mistar gawang Liverpool.

"Anda tidak akan pernah tahu keputusan yang kami buat. Semua pemain selalu tenang ketika mereka mendapat informasi, tapi perbedaannya memang di lapangan dan saya senang dengan caranya menangani itu. Dia begitu tenang dan tampil oke. Performa yang bagus."

(mrp/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com