Sengit di Grup B: Skenario Kelolosan Madrid, Inter, Shakhtar, dan Gladbach

ADVERTISEMENT

Sengit di Grup B: Skenario Kelolosan Madrid, Inter, Shakhtar, dan Gladbach

Randy Prasatya - Sepakbola
Rabu, 09 Des 2020 08:00 WIB
BARCELONA, SPAIN - OCTOBER 24: The Champions League logo is seen prior to the Group B match of the UEFA Champions League between FC Barcelona and FC Internazionale at Camp Nou on October 24, 2018 in Barcelona, Spain.  (Photo by David Ramos/Getty Images)
Semua kontestan di Grup B berpotensi lolos dan tersingkir. (Foto: Getty Images/David Ramos)
Jakarta -

Penghuni Grup B Liga Champions, yakni Real Madrid, Inter Milan, Borussia Moenchengladbach, dan Shakhtar Donetsk masih berpeluang lolos ke babak 16 besar. Begini hitung-hitungannya.

Gladbach saat ini memimpin Grup B dengan delapan poin. Di posisi kedua ada Shakhtar dengan tujuh poin, yang memiliki jumlah poin sama seperti Madrid selaku penghuni posisi ketiga karena kalah head to head.

Inter Milan di posisi keempat setelah cuma mempunyai lima poin. Meski ada di dasar klasemen Grup B, Nerazzurri masih berpeluang lolos.

Nah, di matchday keenam atau laga penentu fase grup, Madrid berhadapan dengan Gladbach dan Inter bertemu Shakhtar. Laga yang berlangsung serentak pada Kamis (10/12/2020) dini hari WIB, ini bakal sangat menarik.

Sebelum peluit akhir dibunyikan, belum ada satu tim yang bisa mengunci tiket ke babak 16 besar. Skema untuk melihat siapa dua klub yang lolos dari Grup B bisa seperti penjelasan ini:

Gladbach:

-Gladbach juara grup jika mengalahkan Madrid.

-Gladbach juara grup jika hasil semua pertandingan berakhir imbang.

-Gladbach menjadi runner-up jika imbang dari Madrid dan Shakhtar mengalahkan Inter. Pada posisi ini Madrid dan Inter tersingkir.

-Gladbach menjadi runner-up jika kalah dari Madrid dan Shakhtar vs Inter berakhir imbang. Pada posisi ini poin Gladbach sama seperti Shakhtar (8), namun berhak lolos karena unggul head to head dari Shakhtar. Madrid menjadi juara grup.

Shakhtar:

-Shakhtar menjadi juara grup jika mengalahkan Inter dan Gladbach tidak mendapat poin penuh dari Madrid. Shakhtar punya keunggulan head to head dari Madrid jika berakhir dengan poin yang sama.

-Shakhtar menjadi runner-up jika imbang melawan Inter dan Gladbach vs Madrid juga imbang atau Gladbach meraih hasil penuh.

Real Madrid:

-Madrid menjadi juara grup jika mengalahkan Gladbach dan Shakhtar tak meraih poin penuh dari Inter.

-Madrid menjadi runner-up jika mengalahkan Gladbach dan Shakhtar menang atas Inter.

-Madrid menjadi runner-up jika imbang dengan Gladbach dan Inter mengalahkan Shakhtar. Poin Madrid bakal sama dengan Inter, namun menang head to head.

Inter Milan:

-Hasil apapun tidak memungkinkan Inter menjadi juara grup.

-Inter menjadi runner-up jika menang dari Shakhtar dan Madrid mengalahkan Gladbach. Pada posisi ini Inter unggul head to head dari Gladbach dengan sama-sama koleksi delapan poin.

Klasemen Grup B saat ini:

klasemen Grup BKlasemen Grup B sampai matchday kelima. (Foto: UEFA)


Simak Video "Bentuk Penghormatan untuk Ratu Elizabeth II di Laga Liga Champions"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/bay)