Billy Koumetio Tahun Lalu Anak Gawang, Kini Main di Liga Champions

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Kamis, 10 Des 2020 20:15 WIB
Midtjyllands Guinean forward Sory Kaba and Liverpools French defender Billy Koumetio vie for the ball during the UEFA Champions League Group D football match FC Midtjylland v Liverpool FC in Herning, Denmark on December 9, 2020. (Photo by Henning Bagger / Ritzau Scanpix / AFP) / Denmark OUT
Billy Koumetio, permain Liverpool termuda yang tampil di Liga Champions (AFP/HENNING BAGGER)
Herning -

Billy Koumetio masih jadi anak gawang dua tahun tahun saat Liverpool mengganyang Barcelona. Kini Koumetio udah tampil di Liga Champions.

Koumetio tentu masih ingat malam luar biasa di Anfield pada leg kedua semifinal Liga Champions Mei 2019. Menghadapi Barcelona, Liverpool dalam kondisi tertinggal 0-3 di leg pertama.

Unggul 1-0 di babak pertama lewat gol Divock Origi, Liverpool lantas melakukan comeback luar biasa saat mencetak tiga gol tambahan di babak kedua. Liverpool menang 4-0 dan melaju ke final untuk menjadi juara usai mengalahkan Tottenham Hotspur.

"Benar-benar luar biasa, tidak bisa dipercaya. Saya bisa melihat para pemain top, orang-orang hebat itu di depan saya. Pengalaman hebat untuk saya. Itu sangat memotivasi saya untuk bekerja keras dan mencapai level itu," ujar Koumetio kala itu di situs resmi klub.

Koumetio sebagai anak gawang mendapat pengalaman berharga dalam hidupnya, melihat penampilan hebat tim pujaannya. Koumetio saat itu baru direkrut Liverpool dari Orleans FC pada Januari 2019.

Bek asal Prancis itu lantas masuk tim U-18 musim lalu serta bermain juga untuk U-19 di UEFA Youth League. Koumetio lantas meneken kontrak profesional pertamanya di usia 17 tahun bulan Agustus kemarin.

Di tengah badai cedera yang menghantam lini belakang Liverpool, Koumetio kemudian sering ikut latihan tim utama dan melakoni debut profesionalnya di ajang sekelas Liga Champions, Kamis (10/12/2020) dini hari WIB.

Liverpool menghadapi Midtjylland di matchday keenam, yang mana tak menentukan apa-apa lagi. Koumetio masuk di menit ke-44 menggantikan Fabinho.

Bek berusia 18 tahun itu resmi jadi pemain Liverpool termuda yang debut di Liga Champions, di usia 18 tahun 25 hari, mengalahkan rekor Antonio Barragan yang lebih tua 34 hari.

Billy Koumetio bermain cukup apik pada laga debutnya itu meski Liverpool akhirnya harus puas bermain imbang 1-1. Selain Koumetio, ada juga Leighton Clarkson yang tampil sebagai starter di lini tengah,

"Dia (Koumetio) akan belajar banyak dari sini dan khususnya ketika kami memberikan mereka pengalaman di laga yang tak begitu krusial ini," ujar manajer Juergen Klopp.

"Menyenangkan tentunya jika debut itu di Liga Champions, tapi yang penting adalah pencapaian dalam karier Anda. Mereka berdua akan belanjar banyak dari sini dan masih banyak yang bisa diberikan," sambungnya.

(mrp/krs)