Balik Jadi Gelandang, Fabinho Raih Gelar Man of the Match

Putra Rusdi K - Sepakbola
Kamis, 11 Mar 2021 13:00 WIB
Liverpools Fabinho holds the player of the match trophy after the Champions League round of 16 second leg soccer match between Liverpool and RB Leipzig at the Puskas Arena stadium in Budapest, Hungary, Wednesday, March 10, 2021. (AP Photo/Laszlo Balogh)
Juergen Klopp berharap bisa terus mainkan Fabinho sebagai geladang bertahan (Foto: AP/Laszlo Balogh)
Budapest -

Fabinho tampil apik saat kembali bermain sebagai gelandang bertahan kala menghadapi RB Leipzig. Juergen Klopp berharap bisa terus memainkannya di posisi itu.

Liverpool mampu mengalahkan RB Leipzig 2-0 di Puskas Arena, Budapest, pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions, Kamis (11/3/2021) dini hari WIB. Dua gol The Reds lahir dari Mohamed Salah dan Sadio Mane.

Hasil ini memuluskan langkah Liverpool lolos ke 8 besar. Si Merah unggul agregat 4-0 atas Leipzig. Pada leg pertama, mereka juga menang 2-0 dari gol Salah dan Mane.

Manajer Liverpool, Juergen Klopp, melakukan beberapa perubahan dalam susunan starter saat menghadapi Leipzig. Ini dilakukan setelah Liverpol kalah di dua laga terakhir menghadapi Chelsea dan Fulham dengan skor serupa 1-0.

Salah satu perubahan Klopp yang berpengaruh cukup besar adalah mengembalikan posisi Fabinho sebagai gelandang bertahan. Sebelumnya, pemain asal Brasil ini lebih sering bermain sebagai bek tengah di musim ini. Pasalnya, Liverpool mengalami krisis pemain di posisi tersebut.

Fabinho tampil apik sebagai jangkar Liverpool. Dikutip dari WhoScored, ia memenangi duel di daerah lawan sebanyak dua kali begitu pula di daerahnya sendiri.

Fabinho turut membuat tiga tekel sukses dan tiga intersep. Ia dianugerahi gelas Man of The Match di laga kontra Leipzig oleh UEFA.

Klopp menegaskan sebenarnya selalu ingin memainkan Fabinho sebagai gelandang bertahan. Namun, kondisi di musim ini tak memungkinkan untuk hal tersebut.

Manajer asal Jerman ini juga belum memutuskan apakah kembali memainkan Fabinho di posisi alaminya pada laga berikutnya menghadapi Wolverhampton Wanderers. Liverpool sendiri memainkan Ozan Kabak dan Nathaniel Phillips di posisi bek tengah saat melawan Leipzig.

"Ini jelas menjadi harapan saya sebelum musim (Fabinho bermain di lini tengah) dan selama musim itu tidak terjadi. Kami harus masih harus mencari solusi untuk laga berikutnya - menghadapi Wolves yang pertama dan terpenting," ujar Klopp dikutip dari situs Liverpool.

"Jelas, nomor 6 adalah posisinya. Ia salah satu yang terbaik di dunia dalam posisi itu. Tidak hanya bagus dalam bertahan dari dia, dia juga memainkan beberapa yang bagus. Ia sangat penting bagi kami," ungkapnya.



Simak Video "Arsenal Akan Cuci Gudang, Final Liga Champions Didesak Untuk Dipindah"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/cas)