Karena Semua Ingin Fabinho Jadi Gelandang Lagi

Yanu Arifin - Sepakbola
Kamis, 11 Mar 2021 15:30 WIB
Leipzigs Emil Forsberg, center left, is challenged by Liverpools Fabinho during the Champions League round of 16 second leg soccer match between Liverpool and RB Leipzig at the Puskas Arena stadium in Budapest, Hungary, Wednesday, March 10, 2021. (AP Photo/Laszlo Balogh)
Aksi Fabinho saat menjadi gelandang di laga Liverpool vs RB Leipzig di leg kedua babak 16 besar Liga Champions. (Foto: Laszlo Balogh/AP)
Budapest -

Kemenangan Liverpool atas RB Leipzig tak lepas dari tangguhnya lini tengah. Di posisi itu, Fabinho kembali sebagai gelandang.

Liverpool menghadapi Leipzig di Puskas Arena, Budapest, Hongaria, Kamis (11/3/2021) dini hari WIB, pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions.

Di laga itu, manajer Juergen Klopp kembali memainkan Fabinho sebagai gelandang. Pemain Brasil itu menjadi pengawal lini tengah, bersama Georginio Wijnaldum dan Thiago Alcantara.

Posisi natural Fabinho memanglah sebagai gelandang. Namun, krisis bek yang sempat menerpa The Reds memaksanya bermain di belakang musim ini.

Sejak awal musim, Fabinho memang sudah kerap dijajal Klopp sebagai bek. Namun, cederanya Virgil van Dijk, Joe Gomez, hingga Joel Matip benar-benar menjadikan Fabinho ibarat bek permanen.

Tercatat di Transfermarkt, Fabinho mulai menjadi bek tetap di lini belakang Liverpool sejak November. Total, Fabinho memainkan posisi center back sebanyak 22 kali, dan gelandang cuma 8 kali musim ini.

Setelah juga sempat diterpa cedera, Fabinho mulai kembali ke posisi naturalnya akhir pekan lalu. Saat Liverpool kalah 0-1 dari Fulham di Premier League, eks AS Monaco itu kembali jadi gelandang.

Dan ketika menghadapi Leipzig di leg kedua babak 16 besar Liga Champions, Fabinho kembali diplot sebagai gelandang. Adapun di lini belakang sendiri, Klopp memainkan kwartet Andrew Robertson, Ozan Kabak, Nat Phillips, dan Trent Alexander-Arnold.

"Saya mengatakan kepadanya saat jalan ke bawah, Anda lebih menyukai posisi nomor enam [gelandang]? Dia bilang ya. Anda tidak bisa menunjukkannya lebih jelas!" kata Klopp, dilansir Mirror.

"Kami semua menginginkan Fab di posisi pemain nomor enam. Malam ini dia bermain di sana dan dua bek tengah memainkan permainan yang luar biasa, jujur saja," ujar manajer asal Jerman itu.

[Gambas:Opta]

Fabinho sendiri tampil apik sebagai gelandang. Opta mencatat, pemain 27 tahun itu begitu rajin di tengah, dengan membuat 54 sentuhan, 12 kali duel, membuat dua clearance, dan tiga kali intersepsi. Fabinho pun menjadi Man of the Match.

Pada akhirnya, Liverpool sendiri menang 2-0 atas Leipzig, lewat gol yang dicetak Mohamed Salah dan Sadio Mane. The Reds pun maju ke perempatfinal dengan agregat 4-0.

(yna/cas)