Susah Payah Kalahkan Dortmund, City Terbebani Ekspektasi

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Rabu, 07 Apr 2021 11:30 WIB
Manchester Citys Phil Foden celebrates after scoring his sides second goal during the Champions League, first leg, quarterfinal soccer match between Manchester City and Borussia Dortmund at the Etihad stadium in Manchester, Tuesday, April 6, 2021. (AP Photo/Dave Thompson)
Manchester City menang 2-1 atas Borussia Dortmund di leg pertama perempatfinal Liga Champions (Foto: AP/Dave Thompson)
Jakarta -

Kemenangan atas Borussia Dortmund di leg pertama perempatfinal Liga Champions tak didapat Manchester City dengan mudah. Pep Guardiola mengakui timnya terbebani ekspektasi.

Laga City vs Dortmund di leg pertama perempatfinal Liga Champions digelar di Etihad Stadium, Rabu (7/4/2021) dini hari WIB. The Citizens menang dengan skor tipis 2-1.

Banner 8 Besar Liga Champions

City yang digadang-gadang sebagai salah satu favorit itu menghadapi laga ini dengan modal laju yang sangat apik. Di sisi lain, Dortmund tampil tidak konsisten di Bundesliga.

Meski demikian, City harus bersusah payah untuk menaklukkan Dortmund. Sempat unggul lebih dulu lewat gol Kevin De Bruyne pada menit ke-19, City kemudian justru kebobolan saat laga tersisa enam menit. Marco Reus mencetak gol untu membuat skor jadi imbang.

Phil Foden kemudian tampil sebagai pahlawan City. Gelandang berusia 20 tahun itu mencetak gol pada menit ke-90 untuk memberi City kemenangan.

Pep Guardiola mengakui Manchester City tak mengatasi tekanan sebagai tim favorit dengan baik.

"Ketika Anda menang 26 kali dalam 27 pertandingan dan mereka tidak menang di Bundesliga, tekanannya ada di kami," ujar Guardiola seperti dilansir Sky Sports.

"Segalanya terjamin buat kami. Semua orang percaya kami akan menang. Kami punya komitmen dan keinginan yang sangat besar untuk lolos."

"Sekarang kami akan ke sana dengan kemenangan 2-1. Mereka memang mencetak gol, tapi kami akan menyesuaikan beberapa hal yang tidak bisa kami lakukan hari ini."

"Dengan cara yang tenang, sebaik mungkin, yang kami mainkan dan kita lihat saja apa yang bisa kami perbaiki."

Manchester City akan gantian tandang ke markas Borussia Dortmund di Signal Iduna Park pada pertandingan leg kedua, Kamis (15/4/2021) dini hari WIB.

"Kami akan ke sana untuk menang. Saya minta pemain untuk menang. Kami melakukannya dan sekarang kami ke Dortmund bukan untuk bertahan. Kami akan menyesuaikan pressing, build up, dan main 90 menit mencoba untuk lolos ke semifinal," kata Guardiola berharap Manchester City akan tampil lebih baik.

(nds/krs)