Semifinal Liga Europa Villarreal Vs Arsenal: Good Ebening!

Randy Prasatya - Sepakbola
Jumat, 16 Apr 2021 04:32 WIB
Villareals manager Unai Emery gives instructions to his players during the Europa League quarter final second leg soccer match between Villarreal and Dinamo Zagreb, at the Ceramica stadium in Villarreal, Spain, Thursday, April 15, 2021. (AP Photo/Alberto Saiz)
Unai Emery bertemu Arsenal sebagai lawan. (Foto: AP/Alberto Saiz)
Jakarta -

Arsenal bertemu Villarreal di semifinal Liga Europa. Ini menandakan reuni pelatih Unai Emery, yang diolok-olok "good ebening", saat bersama Meriam London.

Arsenal mengandaskan Slavia Praha 4-0 pada leg kedua perempatfinal di Sinobo Stadium, Jumat (16/4/2021) dini hari WIB. Gol-gol The Gunners dicetak oleh Nicolas Pepe, Bukayo Saka dan sepasang gol Alexandre Lacazette.

Hasil itu menandai Arsenal melaju ke semifinal dengan agregat 5-1. Kedua tim sebelumnya bermain imbang 1-1 di leg pertama.

Arsenal nantinya dipertemukan dengan Villarreal, yang pada saat bersamaan mengalahkan Dinamo Zagreb 2-1. Alhasil, klub asal Spanyol itu menang dengan agregat 3-1.

Villarreal saat ini dilatih oleh Unai Emery. Dia adalah juru taktik Arsenal pada Mei 2018 sampai November 2019.

Emery kemudian dipecat dan digantikan oleh Mikel Arteta. Pemecatan tersebut bukan cuma karena gagal membawa Arsenal bersaing di empat besar Liga Inggris, namun juga kendala bahasa.

Mantan pelatih yang membawa Sevilla juara Liga Europa tiga kali itu bahkan kerap diolok-olok soal aksen bahasa Inggris-nya selama di Arsenal. Salah satu yang paling populer adalah aksen "good ebening" (good evening-red).

"Ketika hasil yang kami dapatkan buruk, semua tak sama. Kamu kesulitan secara bahasa untuk menjelaskan segalanya. Dan mereka mengolok-olok 'good ebening'. Oke, itu maksudnya 'good evening'," ujar Emery dikutip dari Express pada pertengahan 2020.

"Ketika saya mengatakan 'good ebening' dan kami menang, (frasa) itu terasa menyenangkan. Tapi ketika kami kalah, itu jadi olok-olokan," lanjutnya.

Villarreal lebih dulu menjamu Arsenal di leg pertama pada 30 April dini hari WIB. Sepekan kemudian gantian Villarreal bertandang ke Lonodn Utara.



(ran/bay)