AS Roma Jaga Marwah Italia di Kompetisi Antarklub Eropa

Adhi Prasetya - Sepakbola
Jumat, 16 Apr 2021 05:30 WIB
Romas French midfielder Jordan Veretout (R) and Romas Italian defender Gianluca Mancini embrace at the end of the UEFA Europa League quarter final second leg football match AS Rome vs Ajax Amsterdam on April 15, 2021 at the Olympic stadium in Rome. (Photo by Filippo MONTEFORTE / AFP)
Skuad Roma merayakan kelolosan ke semifinal Liga Europa. Foto: AFP/FILIPPO MONTEFORTE
Roma -

AS Roma lolos ke semifinal Liga Europa. Hasil ini sekaligus menjaga marwah Italia di kompetisi antarklub Eropa.

Roma diketahui merupakan satu-satunya wakil Italia yang tersisa di fase perempatfinal, baik di Liga Europa maupun Liga Champions. Tim-tim negeri pizza lainnya sudah lebih dulu angkat koper.

Di Liga Europa, Roma awalnya ditemani AC Milan dan Napoli. Namun Milan sudah tersingkir di 16 besar oleh Manchester United, sedangkan Napoli digusur Granada sejak babak 32 besar.

Hasil wakil-wakil Italia di Liga Champions lebih parah. Meloloskan tiga wakil ke 16 besar, semuanya terkapar tak berdaya. Lazio inferior di hadapan Bayern Munich, Atalanta tak sanggup menahan laju Real Madrid, dan Juventus dibungkam Porto di kandang sendiri.

Satu wakil lainnya, yakni Inter Milan, telat panas. Nerazzurri memang gahar saat ini di Serie A, namun pada penyisihan grup lalu cuma finis sebagai juru kunci.

Oleh sebab itu, bertahannya Roma di Liga Europa menjadi berkah sekaligus beban tersendiri. Meski begitu, Edin Dzeko dkk tahu bahwa Liga Europa bisa jadi jalan pintas bagi mereka untuk mentas di Liga Champions musim depan, mengingat saat ini mereka masih tertahan di urutan tujuh Liga Italia.

Sadar akan peluang itu, Roma pun tampil ngotot di perempatfinal. Menghadapi Ajax Amsterdam yang menganut aliran total voetbal, Roma tak terbawa arus.

Membiarkan lawan mengusai bola dan menyerang dengan efektif menjadi jalan yang ditempuh. Meski Roma selalu tertinggal lebih dulu baik di leg pertama maupun leg kedua, skuad besutan Paulo Fonseca selalu bisa comeback dan terhindar dari kekalahan.

Skor 2-1 di Amsterdam (9 April) dan 1-1 di Roma (16 April) memastikan satu tempat di empat besar. Kini, mereka sudah ditunggu Manchester United di semifinal.

Roma's Bosnian forward Edin Dzeko celebrates after scoring an equalizer during the UEFA Europa League quarter final second leg football match AS Rome vs Ajax Amsterdam on April 15, 2021 at the Olympic stadium in Rome. (Photo by Filippo MONTEFORTE / AFP)Roma berhasil menahan laju Ajax di perempatfinal Liga Europa, memastikan tiket ke semifinal. Foto: AFP/FILIPPO MONTEFORTE

"Kami senang, tapi penting untuk tetap larut dalam euforia Masih ada semifinal. Kelolosan ini amat berarti, karena kami terus mencoba tampil baik, membangun diri kami sendiri, dan itulah motivasi di setiap laga," kata kapten Roma, Lorenzo Pellegrini, kepada Sky Sport Italia seusai menyingkirkan Ajax.

"Jika kami ingin menggapai sesuatu yang luar biasa, kami harus mengalahkan yang terbaik. Kami akan menikmati hasil malam ini, tapi besok kami akan fokus ke ujian selanjutnya," katanya menambahkan.

(adp/ran)