Bos-bos 6 Klub Inggris Harus Minta Maaf soal European Super League

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Rabu, 21 Apr 2021 12:00 WIB
Jakarta -

Enam klub Inggris telah menyatakan mundur dari European Super League. Namun para pemilik klub tersebut dinilai tetap perlu minta maaf ke para fans.

Seluruh enam klub Inggris yang terlibat European Super League telah resmi menarik diri dari kompetisi tersebut. Mereka adalah Manchester City, Manchester United, Liverpool, Chelsea, Arsenal, dan Tottenham Hotspur.

Enam klub ini mundur setelah ada protes keras dari kelompok suporter masing-masing. Selain itu, ada tekanan besar dari pemerintah dan otoritas sepakbola.

Langkah klub-klub tersebut dikecam karena para pemilik dianggap melakukan tindakan serakah, mengesampingkan sejarah, dan mengabaikan suara suporter. Bagaimanapun, janji-janji uang partisipasi senilai 300 juta paun menjadi tawaran yang sangat menggiurkan buat para pemilik klub ini.

Meski kini sudah menyatakan mundur dari European Super League, klub tak akan lepas dari tekanan suporter. Para pemilik bakal mendapatkan sorotan tajam dari mereka.

"Para pemilik klub harus sangat-sangat berhati-hati sekarang. Nantikan serangan balasan ketika mereka datang ke markas, sebab Anda telah melawan para fans. Anda sudah berpikir mereka akan menempuh jalan tertentu tanpa berkonsultasi dengan mereka," ungkap mantan bek Liverpool Stephen Warnock, yang kini jadi analis.

"Ini ditangani dengan sangat buruk. Anda melihat kekuatan suporter. Jangan lupa para pemain itu kan juga para penggemar. Mereka tahu rasanya jadi seorang penggemar dan memahami koneksi antara para pemain, penggemar, dan klub."

"Jadi saya senang sekali ini mulai runtuh dan terurai. Sekarang para pemilik klub harus muncul dan melakukan hal yang benar, dan bilang 'Kami salah. Kami meminta maaf, kami memohon maaf dari kalian' karena itulah yang bakal harus mereka lakukan," ujarnya kepada BBC.

(raw/aff)