Akhirnya ke Final Liga Champions, Apa yang Beda dari Man City?

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Rabu, 05 Mei 2021 13:50 WIB
Jakarta -

Manchester City menjejak final Liga Champions pertama dalam sejarah mereka. Ada perubahan yang terlihat dari skuad Man City setelah sebelumnya selalu kandas.

Manchester City ke final Liga Champions musim ini usai menang 2-0 atas Paris Saint-Germain di Etihad Stadium, Rabu (5/5/2021) dini hari WIB. The Citizens pun lolos dengan agregat meyakinkan 4-1.

Ini merupakan final Liga Champions pertama Manchester City setelah selalu mentok di perempatfinal bareng Pep Guardiola. Sebelumnya, prestasi terbaik mereka di Liga champions adalah semifinal di musim 2015/2016 bersama Manuel Pellegrini.

Mantan bek Manchester United Rio Ferdinand melihat ada perubahan mentalitas dari skuad Manchester City. Dalam dua pertemuan melawan PSG, yang merupakan finalis musim lalu, Man City tampil percaya diri dan mengontrol.

Man City bahkan comeback dari posisi tertinggal untuk menang 2-1 di Paris. Pada leg kedua semalam, anak-anak asuh Pep Guardiola mengelola pertandingan dengan baik memanfaatkan urgensi PSG untuk mengejar ketertinggalan.

"Ini soal karakter dan kepribadian. Pep sebelum pertandingan membicarakannya. Dia ingin melihat hal-hal tersebut dari timnya, untuk yakin pada diri mereka dan bermain sesuai cara mereka sendiri," kata Rio Ferdinand kepada BT Sport dikutip BBC.

"Mereka menegaskan diri mereka di laga ini sedari babak kedua leg pertama dan selama 90 menit hari ini. Mereka tim yang mengontrol sepenuhnya."

"Itulah perbedaan besarnya dari tim Manchester City yang ini dibandingkan tahun-tahun sebelumnya di laga-laga knockout di kompetisi Eropa," imbuh pria yang memenangi Liga Champions bersama Manchester United ini.

(raw/krs)