Top Skor Liga Champions: Apa Giroud Bisa Kejar Haaland?

Kris Fathoni W - Sepakbola
Kamis, 06 Mei 2021 11:10 WIB
FREIBURG IM BREISGAU, GERMANY - FEBRUARY 06: Erling Haaland of Borussia Dortmund reacts during the warm up prior to the Bundesliga match between Sport-Club Freiburg and Borussia Dortmund at Schwarzwald-Stadion on February 06, 2021 in Freiburg im Breisgau, Germany. Sporting stadiums around Germany remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Ronald Wittek - Pool/Getty Images)
Erling Haaland masih awet jadi top skor Liga Champions. (Foto: Getty Images/Pool)
Jakarta -

Erling Haaland awet jadi top skor Liga Champions untuk sementara. Dengan satu laga tersisa, Olivier Giroud jadi pemain aktif yang paling dekat ke Haaland.

Dengan 10 gol dari total 705 penampilan bersama Borussia Dortmund di Liga Champions 2020/2021, Erling Haaland masih betah di posisi teratas daftar top skor Liga Champions sekalipun timnya sudah tersingkir di babak perempatfinal.

Secara terperinci, penyerang 20 tahun asal Norwegia itu mencetak enam gol di fase grup dan kemudian empat gol sisanya saat Dortmund main di fase gugur.

Pada satu titik, Kylian Mbappe sempat terlihat akan menjadi pesaing berat Haaland dalam berebut gelar top skor Liga Champions. Tapi gol dari penyerang 22 tahun asal Prancis itu mentok di angka 8 dan Paris Saint-Germain, timnya, pun kini sudah masuk kotak.

Menilik daftar top skor Liga Champions di situs resmi UEFA, Kylian Mbappe sejauh ini masih jadi pemain yang jumlah golnya paling dekat ke Erling Haaland. Tapi jika bicara pemain lain yang masih berkesempatan menambah gol, Giroud adalah orangnya.

Olivier Giroud saat ini menjadi satu dari tujuh pemain lain yang sudah mencetak 6 gol di Liga Champions musim ini. Jumlah golnya cuma kalah dari Mbappe dan Haaland.

Keberhasilan Chelsea melaju ke final Liga Champions otomatis membuat Giroud masih punya kesempatan menambah koleksi golnya. Dari ketujuh pemain yang sudah punya enam gol sejauh ini, Giroud adalah satu-satunya yang masih punya kans bikin gol lagi di final.

Tentu saja tidak akan mudah bagi Giroud untuk melampaui, atau bahkan menyamai, gol Haaland. Selain itu, saat Chelsea menyisihkan Real Madrid di semifinal pada leg kedua pun Giroud cuma dimainkan di menit-menit akhir. Apalagi ia belum bisa lagi mencetak gol buat Chelsea semenjak menjebol gawang Atletico Madrid pada bulan Februari lalu.

Pemain Chelsea lain dengan gol paling banyak berikutnya di daftar top skor Liga Champions adalah Timo Werner, yang mengawali kemenangan 2-0 atas El Real Kamis (6/5) dini hari WIB tadi. Tapi Werner pun sejauh ini baru mampu bikin 4 gol.

Bagaimana dengan Manchester City, yang juga lolos ke final? Ada Riyad Mahrez dan Ferran Torres yang jadi pemain tersubur the Citizens di Liga Champions musim ini, masing-masing dengan torehan 4 gol. Juga terpaut jauh dari Erling Haaland.

Daftar top skor Liga Champions:

10 Erling Haaland (Dortmund)
8 Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain)
6 Olivier Giroud (Chelsea)
6 Karim Benzema (Real Madrid)
6 Álvaro Morata (Juventus)
6 Marcus Rashford (Manchester United)
6 Neymar (Paris)
6 Youssef En-Nesyri (Sevilla)
6 Mohamed Salah (Liverpool)

Pemain dengan 4 gol yang masih tampil di final:
4 Timo Werner (Chelsea)
4 Riyad Mahrez (Man City)
4 Ferran Torres (Man City)

(krs/cas)