Waktunya MU Juara Liga Europa!

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Jumat, 07 Mei 2021 14:30 WIB
Manchester Uniteds Uruguayan forward Edinson Cavani (C) celebrates with teammates after scoring a goal during the UEFA Europa League semi-final second leg football match between AS Roma and Manchester United at the Olympic Stadium in Rome, on May 6, 2021. (Photo by Filippo MONTEFORTE / AFP)
Waktunya MU Juara Liga Europa! (Foto: AFP/FILIPPO MONTEFORTE)
Roma -

Manchester United akhirnya menyudahi 'kutukan' dengan lolos ke final Liga Europa. Bek tengah sekaligus kapten MU Harry Maguire mengatakan, timnya harus juara.

Kelolosan Setan Merah dipastikan usai hasil 2-3 di kandang AS Roma pada semifinal leg kedua tadi malam. Meski kalah, MU tetap melaju dengan keunggulan agregat 8-5 berkat kemenangan 6-2 di leg pertama.

Itu menjadi final pertama MU di era Ole Gunnar Solskjaer. Sebelumnya, manajer Norwegia itu selalu mentok di semifinal, yang dicapai di Piala Liga Inggris 2019/20 dan 2020/21, Piala FA dan Liga Eruopa 2019/20.

Selanjutnya Manchester United akan berjumpa dengan Villarreal untuk memperebutkan trofi Liga Europa di Gdansk, Polandia pada 26 Mei. MU berburu titel juara pertamanya dalam empat tahun.

"Sudah pasti, kami tidak ingin kalah di pertandingan apapun. Kami datang pada malam ini dengan membidik kemenangan," ucap Maguire kepada BT Sport. "Tapi kami sudah tahu bahwa kami ada dalam posisi yang sangat bagus di leg pertama."

"Tentunya [kami tidak akan] merayakan hasil malam ini tapi kami gembira bahwa kami berhasil lolos dari fase semifinal dan mencapai final dari sebuah kompetisi. Sekarang kami harus ke sana dan memenanginya," cetus dia.

Laga final Liga Europa bertepatan dengan kesuksesan MU ketika memenangi Liga Champions 1999. Musim di mana Man United mengukir sejarah dengan menyabet treble winners.

"Ini adalah usaha tim, seluruh tim. Kami sudah menjalani momen-momen naik dan turun dan kami sudah memainkan sepakbola yang sangat, sangat bagus. Babak kedua memang sangat buruk, tapi toh kami lolos ke final dan kami harus mengakhiri musim dengan baik. Kami menantikan 26 Mei. Ketika itu memang sebuah final yang lumayan di 1999 pada 26 Mei. Saat itu merupakan hari yang bagus dan mudah-mudahan ini menjadi pertanda bagus," timpal Solskjaer.

(rin/krs)