Waspada, MU! Unai Emery Rajanya Liga Europa

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Jumat, 07 Mei 2021 15:40 WIB
Villareals manager Unai Emery gives instructions from the side line during the Europa League semifinal second leg soccer match between Arsenal and Villarreal at the Emirates stadium in London, England, Thursday, May 6, 2021. (AP Photo/Alastair Grant)
Pelatih Villarreal Unai Emery bertaji betul di Liga Europa (AP/Alastair Grant)
London -

Manchester United sudah pasti jadi unggulan di final Liga Europa. Tapi, Setan Merah harus mewaspadai taji pelatih Villarreal Unai Emery di kompetisi ini.

MU melaju ke final kompetisi tersebut usai menyingkirkan AS Roma dengan agregat 8-5. Menang 6-2 di Old Trafford pekan lalu, MU tumbang dengan skor 2-3 pada lawatanya ke Olimpico Roma, Jumat (7/5/2021) dini hari WIB.

MU berhasil memutuskan catatan buruknya di laga semifinal bersama Ole Gunnar Solskjaer. Sebelum ini, MU selalu kandas di empat partisipasinya di babak empat besar dan jadi kesempatan untuk meraih trofi pertama sejak 2017.

Menghadapi Villarreal yang menyingkirkan Arsenal, MU sudah pasti diunggulkan. Ditengok dari kualitas pemain yang dimiliki, jelas Manchester United unggul jauh ketimbang Villarreal yang kini berkutat di posisi enam klasemen Liga Spanyol.

Meski jadi favorit juara pada laga final di PGE Arena Gdansk 27 Mei nanti, MU patut mewaspadai sosok penting di balik kelolosan Villarreal, dia adalah Unai Emery. Ya, Emery adalah rajanya di kompetisi.

Emery selalu lolos ke final bersama tim yang dilatihnya di Liga Europa sebelum ini yakni empat kali, tiga di antaranya jadi juara bersama Sevilla pada 2014, 2015, dan 2016 serta runner-up bersama Arsenal pada 2019.

Emery adalah rajanya kompetisi ini dengan total tiga trofi juara, salah satunya mengalahkan tim Inggris lainnya yakni Liverpool dengan skor 3-1 pada 2016. Tapi, Emery bersama Arsenal juga kalah dari sesama tim inggris, Chelsea, pada 2019 dengan skor 1-4.

Dengan catatan lima final dari sembilan musim berbeda, apakah Unai Emery bakal membawa timnya juara lagi tahun ini dengan Manchester United jadi korban teranyarnya? Kita tunggu saja.

(mrp/cas)