Jurus Kiper Villarreal Saat Tendang Penalti: Asal Kencang, Semoga Gol

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Kamis, 27 Mei 2021 18:15 WIB
Villareals goalkeeper Geronimo Rulli shoots to score during the penalty shoot out of the Europa League final soccer match between Manchester United and Villarreal in Gdansk, Poland, Wednesday May 26, 2021. (Maja Hitij, Pool via AP)
Kiper VIllarreal Geronimo Rulli jadi pahlawan di final Liga Europa (AP/Maja Hitij)
Gdansk -

Geronimo Rulli memang debutan di final Liga Europa musim ini. Tapi Rulli justru jadi pahlawan berkat tendangan gledeknya dalam drama adu penalti.

Rulli mengawal gawang Villarreal dengan sangat baik di final, Kamis (27/5/2021) dini hari WIB. Dia cuma kebobolan satu gol saat bola liar di kotak penalti disambar Edinson Cavani di babak kedua.

Selebihnya Rulli memang tidak banyak mendapat gangguan dari para pemain MU. Sepanjang 120 menit pertandingan, Rulli cuma membuat satu kali saves karena MU cuma melepaskan dua attempts on target.

Pada drama adu penalti setelah skor 1-1, Geronimo Rulli memang tidak bisa membendung penalti-penalti eksekutor MU hingga jatahnya tiba di masa sudden death. Rulli maju untuk menendang dan... boom, bola sepakan kaki kanannya mengarah ke pojok kiri tanpa bisa dihalau De Gea.



Rulli kemudian jadi pahlawan saat membendung eksekusi De Gea dan Villarreal pun bisa merayakan gelar juara Liga Europa pertama dalam sejarah klub tersebut.

Para pemain Villarreal mengerubungi Rulli seraya berselebrasi di depan tribune yang dipenuhi pendukung VIllarreal. Malam yang sempurna untuk Rulli, mengingat ini adalah kali pertamanya dan juga pemain Kapal Selam Kuning tampil di final.

Bahkan Rulli sebelumnya tidak pernah jadi eksekutor penalti, sehingga dia hanya coba-coba saja ketika dipercaya pelatih Unai Emery. Dan ternyata berhasil.

"Ini gol penalti pertama yang pernah saya cetak sepanjang hidup," ujar Rulli seperti dikutip Daily Mail.

"Saya cuma ingin memasukkan bola, itu saja. Saya bahkan lupa apa yang sudah dilakukan," sambungnya.

"Saya cuma tendang kencang saja dan berharap masuk. Saya tidak pernah membayangkan tampil di adu penalti sebelumnya."

"Kami adalah juara dan ini adalah hal terbaik yang bisa didapat sebagai pemain," tutup Geronimo Rulli.

Didatangkan dari Real Sociedad musim panas lalu, Rulli lebih banyak main di kompetisi non-liga, seperti Liga Europa, Copa del Rey, dan cuma turun dua kali di LaLiga.

Di Liga Europa, Geronimo Rulli main 13 kali dengan sembilan kali kebobolan dan enam clean sheet.

(mrp/krs)