Gerard Moreno Top Skor Liga Europa, Cuma Diungguli Messi di LaLiga

Kris Fathoni W - Sepakbola
Kamis, 27 Mei 2021 22:40 WIB
GDANSK, POLAND - MAY 26: Gerard Moreno of Villarreal CF battles for possession with Eric Bailly of Manchester United  during the UEFA Europa League Final between Villarreal CF and Manchester United at Gdansk Arena on May 26, 2021 in Gdansk, Poland. (Photo by Adam Warzawa - Pool/Getty Images)
Gerard Moreno Top Skor Liga Europa, Cuma Diungguli Messi di LaLiga. Foto: Getty Images/Adam Warzawa - Pool
Jakarta -

Musim ini Gerard Moreno tajam betul. Di LaLiga produktivitas striker Villarreal itu cuma kalah dari Lionel Messi dan ia masuk dalam jajaran teratas di Liga Europa. Top!

Gerard Moreno merupakan salah satu pemain yang jadi buah bibir selepas final Liga Europa Villarreal Vs Manchester United, Kamis (27/5) dini hari WIB. Striker 29 tahun itu sempat bikin Kapal Selam Kuning unggul duluan atas MU. Saat the Red Devils bisa membalas sehingga akhirnya laga dituntaskan lewat adu penalti, Gerard Moreno pun sukses jadi algojo.

Dengan tambahan gol tersebut, Gerard Moreno masuk jajaran top skor Liga Europa. Total, ia sudah mencetak tujuh gol dalam gelaran tersebut musim ini.

Nama Gerard Moreno memang ada bersama tiga pemain lain di posisi teratas daftar top skor Liga Europa. Menit bermainnya (879 menit) pun jauh lebih banyak di antara saingannya. Tapi UEFA.com tetap menyebutnya berhak ada di posisi teratas berkat keberhasilannya bikin 5 assist, lebih unggul di antara para pemain lain di daftar tersebut.

Top skor Liga Europa:

1. Gerard Moreno (Villlarreal). 7 gol dan 5 assist dari 879 menit penampilan.
2. Pizzi (Benfica). 7 gol dan 2 assist dari 385 menit penampilan.
3. Yusuf Yazıcı (Lille). 7 gol dan 2 assist dari 625 menit penampilan.
4. Borja Mayoral (AS Roma). 7 gol dan 2 assist dari 659 menit penampilan.

Jumlah assist itu tak lepas dari peran serta Gerard Moreno yang tak cuma seorang striker. Semasa membela Espanyol (2015-2018) di tangan pelatih Quique Sanchez Flores (2016-2018), ia memang harus beradaptasi dengan peran tak sekadar jadi pencetak gol. Peran tersebut terus ia lakoni, termasuk bersama Unai Emery yang menanganinya di Villarreal saat ini.

"Aku senantiasa jadi penyerang tengah. Quique memainkanku di depan, tapi aku lebih rajin turun dan terlibat, dan aku merasa nyaman seperti sudah menemukan tempatku. Sejak itu hal ini pun jadi instruksi pelatih yang lain, membuka opsi-opsiku, memberiku lebih banyak kebebasan dan pergerakan. Anda selalu belajar banyak hal baru dan terlebih lagi bersama seorang pelatih seperti Unai Emery," kata Gerard Moreno dalam sebuah wawancara dengan Guardian.

Musim Tersubur Gerard Moreno

Sepanjang karier Gerard Moreno, yang juga pernah berseragam Mallorca dan Espanyol, ini juga merupakan musim yang paling subur buatnya. Total 30 gol dicetak pemain asal Spanyol itu di seluruh kompetisi bersama Villarreal.

Bahkan dengan koleksi 23 gol yang dicetaknya di kompetisi domestik LaLiga musim ini, Gerard Moreno mampu bercokol di posisi kedua daftar top skor Liga Spanyol bersama Karim Benzema (Real Madrid). Cuma kalah tajam dari Lionel Messi (Barcelona) dengan 30 gol.

(krs/rin)