Selamatkan Nyawa Eriksen, Simon Kjaer Diganjar Penghargaan dari UEFA

Adhi Prasetya - Sepakbola
Rabu, 25 Agu 2021 12:47 WIB
LONDON, ENGLAND - JULY 07: Simon Kjaer of Denmark applauds the fans following defeat in the UEFA Euro 2020 Championship Semi-final match between England and Denmark at Wembley Stadium on July 07, 2021 in London, England. (Photo by Laurence Griffiths/Getty Images)
Simon Kjaer, kapten Timnas Denmark. Foto: Getty Images/Laurence Griffiths
Jakarta -

UEFA memberikan penghargaan kepada Simon Kjaer karena telah menyelamatkan nyawa Christian Eriksen dalam gelaran Piala Eropa 2020. Selain bek AC Milan tersebut, delapan orang lainnya juga menerima penghargaan serupa.

Masih jelas di ingatan publik saat Eriksen kolaps akibat gagal jantung di tengah laga Euro 2020 antara Denmark vs Finlandia pada Juni silam di Kopenhagen. Gelandang 29 tahun itu akhirnya tertolong berkat penanganan sigap tim medis dan juga para pemain di lapangan.

Kjaer, selaku kapten Timnas Denmark, mendapat sorotan paling banyak karena aksi heroiknya. Ia melakukan pertolongan pertama segera setelah Eriksen tumbang. Usai mengatur posisi Eriksen, ia kemudian melakukan resusitasi jantung paru kepada rekannya itu, untuk kemudian dilanjutkan dengan tim dokter yang masuk ke lapangan.

COPENHAGEN, DENMARK - JUNE 12: Christian Eriksen (Hidden) of Denmark receives medical treatment during the UEFA Euro 2020 Championship Group B match between Denmark and Finland on June 12, 2021 in Copenhagen, Denmark. (Photo by Martin Meissner - Pool/Getty Images)Situasi saat Eriksen menerima pertolongan dari tim medis usai mengalami gagal jantung. Foto: Getty Images/Martin Meissner - Pool

Kjaer juga yang memimpin rekan-rekannya membentuk lingkaran mengelilingi Eriksen agar tidak disorot kamera dan tak terlihat langsung oleh penonton, sehingga tidak menimbulkan efek trauma. Hal itu juga memudahkan tim medis untuk fokus bekerja.

Kjaer juga menenangkan keluarga Eriksen yang hadir saat itu. Semua tindakan Kjaer dan rekan-rekan medis saat itu akhirnya diganjar UEFA President's Award pada Selasa (24/8/2021).

"Sewaktu Christian Eriksen kolaps di lapangan, saya bersama jutaan suporter sepakbola amat terkejut dan prihatin. Semua orang senang dan lega saat nyawa Christian akhirnya bisa diselamatkan berkat kerja profesional luar biasa dari tim medis," ujar pernyataan resmi Presiden UEFA Aleksander Ceferin.

"Saya sangat mengagumi para dokter dan staf medis atas reaksi dan ketenangan mereka yang luar biasa. Hal itu sangat penting dalam menyelamatkan nyawa Christian."

"Saya juga bersyukur atas kualitas kepemimpinan dan keberanian yang luar biasa yang ditunjukkan Simon Kjaer selaku kapten Denmark dalam situasi yang genting tersebut," sambung Ceferin.

Daftar Penerima UEFA President's Award 2021

Tim Medis Stadion Parken

- Mogens Kreutzfeldt (kepala medis Euro 2020 di Kopenhagen)

- Frederik Flensted (manajer medis di stadion)

- Anders Boesen (dokter di pinggir lapangan)

- Peder Ersgaard (paramedis)

Petugas Medis dari UEFA

- Jens Kleinefeld

- Valentin Velikov

Tim Dokter Timnas Denmark

- Morten Skjoldager (fisio yang menemani dokter tim)

- Morten Boesen (dokter tim)

- Simon Kjaer (kapten Timnas Denmark)

(adp/krs)