Liga Champions: Klopp Pernah Lewati Grup Neraka, Sekarang?

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Rabu, 15 Sep 2021 09:45 WIB
KIRKBY, ENGLAND - SEPTEMBER 14: Jurgen Klopp, Manager of Liverpool speaks to Ibrahima Konate of Liverpool during a training session ahead of their UEFA Champions League group stage match against AC Milan at AXA Training Centre on September 14, 2021 in Kirkby, England. (Photo by Nathan Stirk/Getty Images)
Juergen Klopp pernah lolos dari grup neraka di Liga Champions (Getty Images/Nathan Stirk)
Liverpool -

Liverpool mesti yakin bisa melewati grup neraka di Liga Champions musim ini. Sebab manajer Juergen Klopp pernah melakukan itu. Kapan?

Liverpool mendapat undian berat di fase grup musim 2021/2022. Berada di pot kedua, Liverpool harus dipertemukan dengan juara LaLiga Atletico Madrid, Porto, dan AC Milan di Grup B

Ketiga tim itu adalah raksasa di liga masing-masing, terkhusus Porto dan Milan yang juga punya sejarah apik di Liga Champions. Porto pernah dua kali menjuarai Liga Champions, sementara Milan adalah tim dengan trofi terbanyak kedua yakni tujuh.

Atletico memang belum pernah juara karena selalu kalah di tiga partai final, tapi kekuatan pasukan Diego Simeone tak bisa diremehkan. Dengan total 15 gelar Liga Champions di antara keempat tim, jelas grup ini dijuluki Grup Neraka.

Semuanya dianggap berpeluang untuk lolos ke fase grup dan bisa jadi persaingan akan berlangsung sampai matchday keenam. Klopp sebagai manajer Liverpool jelas punya tugas berat.

Meski demikian, Klopp bukan sekali ini saja pernah merasa grup maut. Saat masih melatih Borussia Dortmund di musim 2012/2013, tim Klopp tersebut segrup dengan Real Madrid, Ajax Amsterdam, dan Manchester City.

Kebetulan keempatnya saat itu berstatus juara liga dan kecuali City, adalah para pemilik Badge of Honour. Dortmund jadi juara grup kala itu dengan 14 poin dan tidak pernah kalah sama sekali, termasuk mengalahkan Real Madrid 2-1.

"Coba lihat, memang selalu seperti ini (Liga Champions). Sejak menangani Liverpool, ini adalah grup terberat yang pernah saya lakoni. Saya pernah mengalami ini juga pada 2013 saat masih melatih Dortmund di Liga Champions - kalau tidak salah saat itu City, Real Madrid, dan Ajax," ujar Klopp di situs resmi klub,

"Semua orang bilang 'Waduh, gimana caramu lolos nanti?' dan lainnya. Ini semua tergantung penampilan Anda. Apa artinya grup ini di kompetisi saat ini? Yang pasti ada dua tim bagus lolos ke fase grup ynag pasti. Sementara sisanya, tim yang juga sangat kuat akan bermain di Europa League pastinya. Ya, seperti itulah kompetisi ini," sambungnya.

Juergen Klopp bakal memimpin Liverpool menghadapi AC Milan di Anfield, Kamis (16/9/2021) dini hari WIB pada matchday pertama.

(mrp/bay)