Man City Vs RB Leipzig: The Citizens Menang 6-3

Randy Prasatya - Sepakbola
Kamis, 16 Sep 2021 04:03 WIB
Manchester -

Manchester City tampil perkasa melawan RB Leipzig. The Citizens memetik kemenangan 6-3 di markas sendiri.

Manchester City vs RB Leipzig tersaji pada matchday pertama Grup A Liga Champions, yang berlangsung di Etihad Stadium, Kamis (16/9/2021) dini hari WIB. Sembilan gol tercipta setelah kedua tim bermain saling menyerang.

Man City memimpin 2-0 lebih dulu lewat gol Nathan Ake dan bunuh diri Nordi Mukiele. Leipzig sempat memperkecil skor menjadi 1-2 lewat Christhoper Nkunku, namun Riyad Mahrez memperlebar menjadi 3-1 lewat eksekusi penalti di injury time babak pertama.

Leipzig kembali memperkecil skor menjadi 2-3 lewat Nkunku dan Jack Grealish kembali memperlebar menjadi 4-2. Nkunku kemudian mengemas hat-trick untuk mengubah menjadi 3-4.

Man City tampil makin kuat setelah gol ketiga RB Leipzig. Dua gol tambahan lahir lewat Joao Cancelo dan Gabriel Jesus.

Hasil ini menempatkan Man City sebagai pemimpin Grup A dengan tiga poin. Club Brugge dan Paris Saint-Germain menguntit dengan satu poin setelah bermain imbang 1-1.

Jalannya Pertandingan

Leipzig menjadi tim yang duluan melepaskan tembakan. Dani Olmo mengambil eksekusi tendangan bebas, tapi bola yang dia lepaskan masih mengarah ke atas gawang The Citizens.

Man City sukses mencuri keunggulan 1-0 di menit ke-16. Nathan Ake merobek gawang Peter Gulasci setelah menyambut bola umpan sepak pojok dari Jack Grealish.

Percobaan kedua Man City hadir di menit ke-20. Riyad Mahrez melakukan tusukan dari sisi kanan dan melepaskan tembakan, namun cuma berbuah sepak pojok setelah bola mengenai tangan bek RB Leipzig. Petugas VAR tak menganggap itu sebuah handball.

Man City memperbesar keunggulan menjadi 2-0 di menit ke-28. Gol berawal dari umpan silang Kevin De Bruyne yang dipotong dengan kepala Nordi Mukiele, bola kemudian malah masuk ke gawang Leipzig.

RB Leipzig sempat berhasil merobek gawang Man City di menit ke-34 lewat Andre Silva. Wasit kemudian menganulir gol tersebut karena striker asal Portugal itu lebih dulu berada pada posisi offside.

Leipzig akhir benar-benar bisa merobek gawang Man City di menit ke-42 untuk memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2. Christopher Nkunku mencatatkan namanya di papan skor setelah menyambut umpan silang dari Nordi Mukiele.

Man City mendapatkan hadiah penalti di injury time babak pertama setelah Lukas Klostermann melakukan handball. Riyad Mahrez maju sebagai eksekutor dan membawa The Citizens unggul 3-1 sampai turun minum.

RB Leipzig langsung menggedor di awal babak kedua. Alhasil, klub asal Jerman itu mampu memperkecil skor menjadi 2-3 di menit ke-51 lewat sundulan Nkunku.

Man City tak tinggal diam. Klub besutan Pep Guardiola memperlebar jarak menjadi 4-2 lewat tembakan Grealish di menit ke-56 setelah berhasil melakukan tusukan ke kotak penalti Leipzig.

Leipzig kembali memperkecil skor menjadi 3-4 di menit ke-73. Nkunku melesakkan hat-trick setelah percobaannya dari jarak dekat gagal diantisipasi Ederson Moraes.

Dua menit berselang, Leipzig kembali kebobolan. Kali ini Joao Cancelo yang mencatatkan namanya di papan skor untuk membawa Man City unggul 5-3.

Nasib sial didapatkan Leipzig pada menit ke-79. Angelino diganjar kartu kuning kedua, yang membuat Man City unggul jumlah pemain.

Man City akhirnya menutup laga dengan kemenangan 6-3. Gol terakhir dikemas oleh Gabriel Jesus setelah berhasil menyambar bola dari kemelut di kotak penalti Leipzig pada menit ke-88.

Susunan Pemain:

Man City: Ederson, Cancelo, Dias, Ake, Zinchenko, Rodrigo, De Bruyne, Bernardo, Grealish, Torres, Mahrez.

RB Leipzig: Gulacsi; Klostermann, Orban, Mukiele, Angelino; Adams, Laimer; Olmo, Forsberg, Nkunku; Andre Silva.

(ran/raw)