10 Fakta Kembalinya AC Milan di Pentas Liga Champions

Bayu Baskoro - Sepakbola
Kamis, 16 Sep 2021 12:00 WIB
AC Milan’s Brahim Diaz celebrates after scoring his side’s second goal during the Champions League Group B soccer match between Liverpool and AC Milan at Anfield, in Liverpool, England, Wednesday Sept. 15, 2021. (Peter Byrne/PA via AP)
AC Milan akhirnya bermain lagi di Liga Champions. (Foto: AP/Peter Byrne)
Liverpool -

AC Milan kembali bermain di Liga Champions setelah tujuh tahun absen. Berikut ini 10 fakta kembalinya Rossoneri di ajang tertinggi Benua Biru.

Milan memainkan pertandingan pertama di Liga Champions 2021/2022 menghadapi Liverpool di Anfield, Kamis (16/9/2021) dini hari WIB. Skuad asuhan Stefano Pioli mampu menyulitkan tim tuan rumah sepanjang 90 menit.

Tim tamu tertinggal lebih dulu via gol bunuh diri Fikayo Tomori pada menit kesembilan. Milan bangkit dan mampu membalikkan keadaan hingga turun minum lewat gol Ante Rebic (42') dan Brahim Diaz (44').

AC Milan gagal mempertahankan keunggulan di babak kedua dan kebobolan dua gol yang dicetak Mohamed Salah dan Jordan Henderson. Laga tuntas dengan kemenangan Liverpool 3-2 atas Il Diavolo Rosso.

Kendati gagal meraih poin, tapi performa Milan tetap mendapat apresiasi dari para penggemar. Klub pemilik tujuh trofi Si Kuping Besar itu dianggap masih bisa bersaing di Liga Champions meski sudah absen sejak 2014.

Berikut ini 10 fakta kembalinya Milan di ajang Liga Champions, sebagaimana dikutip dari Opta:

- Terakhir kali AC Milan bermain di Liga Champions adalah 2.745 hari yang lalu (11 Maret 2014 vs Atletico Madrid).

- AC Milan tidak pernah menang dalam lima pertandingan terakhir mereka di Eropa (seri 3, kalah 2), setelah memenangkan empat dari enam pertandingan sebelumnya.

- Terakhir kali AC Milan kalah dalam pertandingan pertama babak penyisihan grup adalah pada September 1996: 2-3 melawan Porto di Liga Champions.

- Terakhir kali AC Milan kebobolan setidaknya tiga gol dalam satu pertandingan Liga Champions adalah pada pertandingan terakhir mereka di kompetisi melawan Atletico Madrid pada Maret 2014 (1-4).

- Ante Rebic telah mencetak 24 gol bersama AC Milan di semua kompetisi. Sejak menjadi pemain Rossoneri (September 2019), hanya Zlatan Ibrahimovic yang mencetak gol lebih banyak (29) dalam periode tersebut.

- Brahim Diaz (22 tahun, 43 hari) adalah pemain termuda yang mencetak gol pada debutnya di Liga Champions untuk AC Milan sejak Yoann Gourcuff pada September 2006 (20 tahun 64 hari v AEK Athens).

- Daniel Maldini menjadi pemain teranyar dari keluarga Maldini yang bermain lagi di Liga Champions bersama AC Milan, setelah terakhir kali Paolo Maldini melakukannya pada Maret 2008 (4.943 hari yang lalu).

LIVERPOOL, ENGLAND - SEPTEMBER 15: Daniel Maldini of AC Milan looks on during the UEFA Champions League group B match between Liverpool FC and AC Milan at Anfield on September 15, 2021 in Liverpool, England. (Photo by Shaun Botterill/Getty Images)Daniel Maldini (kiri) di laga Liverpool vs Milan. (Foto: Getty Images/Shaun Botterill)

- Hanya 110 detik memisahkan AC Milan dan gol Brahim Diaz untuk membawa mereka memimpin 2-1 di babak pertama di Anfield. Kondisi itu terakhir kali terjadi pada Desember 2011 vs Viktoria Plzen: 90 detik antara gol Pato dan Robinho di Liga Champions.

- Terakhir kali AC Milan kebobolan gol oleh tim Inggris di Liga Champions adalah pada Maret 2012, yakni melawan Arsenal: Robin van Persie melalui adu penalti.

- Mike Maignan telah menyelamatkan masing-masing dari dua penalti terakhir yang dihadapi di semua kompetisi, setelah kebobolan gol dalam empat pertandingan sebelumnya.



Simak Video "AC Milan Tumbangkan AS Roma dengan 2-1"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/aff)