Taktik Allegri Kunci Juventus Kalahkan Chelsea

Putra Rusdi K - Sepakbola
Kamis, 30 Sep 2021 08:30 WIB
TURIN, ITALY - SEPTEMBER 29: Federico Chiesa of Juventus celebrates after scoring their sides first goal with Massimiliano Allegri, Head Coach of Juventus during the UEFA Champions League group H match between Juventus and Chelsea FC at the Juventus Stadium on September 29, 2021 in Turin, Italy. (Photo by Valerio Pennicino/Getty Images)
Taktik Massimiliano Allegri kunci Juventus kalahkan Chelsea (Foto: Getty Images/Valerio Pennicino)
Turin -

Taktik Massimiliano Allegri menjadi kunci keberhasilan Juventus menaklukkan Chelsea. Allegri menggunakan formasi 4-3-3 yang tak lazim digunakannya.

Juventus berhasil menumbangkan Chelsea 1-0 di Allianz Stadium pada laga matchday kedua Grup H Liga Champions 2021/2022, Kamis (30/9/2021) dini hari WIB. Gol tunggal kemenangan tuan rumah diciptakan oleh Federico Chiesa pada menit ke-46.

Pada laga ini, Si Nyonya Tua sebenarnya tak banyak menguasai bola. Mereka hanya mencatatkan penguasaan bola sebesar 26,9 persen. Sementara, The Blues menguasai laga dengan 73,1 persen penguasaan bola.

Keberhasilan Juventus dalam meredam Chelsea dan efektivitas dalam menyerang menjadi pembeda di laga ini. Meski mendominasi laga, Chelsea hanya melepas satu tembakan dari 15 percobaan yang dilakukan. Juventus hanya bikin enam tembakan, satu mengarah ke gawang dan berbuah gol.

Taktik pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, berperan besar atas tiga angka yang didapat Bianconeri.Allegri bermain dengan formasi 4-3-3.

Ia menanggalkan formasi yang biasa digunakannya 4-4-2. Ini juga tak lepas karena dua penyerang Juventus, Alvaro Moratta dan Paulo Dybala tak bisa bermain.

Mantan pelatih AC Milan ini memainkan Federico Bernardeschi sebagai False 9, diapit oleh Juan Cuadrado dan Chiesa. Posisi Bernadeschi dan Chiesa kerap saling bertukar sehingga membingungkan lini pertahanan Chelsea.

Sementara, kreativitas di lini tengah Chelsea mejan berkat kerja keras tiga gelandang yang dimainkan Allegri. Manuel Locatelli ,Rodrigo Bentancur, dan Adrien Rabiot dengan baik membatasi aliran bola dari serang tim London Biru.

"Saya pikir kami bisa mendapat keuntungan dengan bermain tiga di depan, lalu saya memindahkan Chiesa ke penyerang tengah dengan Bernardeschi di belakangnya dan itu berjalan lebih baik," ujar Allegri dikutip dari Football Italia.

"Bentancur berjuang dengan kemampuannya sendiri, hari ini Locatelli tampil lebih baik dalam mematikan Lukaku. Adrien Rabiot tidak memulai dengan baik, tetapi dia meningkat seiring berjalannya pertandingan," ungkapnya.

Kemenangan atas Chelsea membawa Juventus ke puncak klasemen Grup H dengan enam angka. Unggul tiga poin dari Chelsea di urutan kedua.



Simak Video "Prediksi Tottenham VS Chelsea Bareng IndoSpurs dan CISC"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/raw)