Milan Vs Porto: Gol Bunuh Diri Bawa Rossoneri Tahan Si Naga 1-1

Putra Rusdi K - Sepakbola
Kamis, 04 Nov 2021 02:47 WIB
Milan -

AC Milan bermain imbang 1-1 dengan FC Porto di San Siro dalam lanjutan Liga Champions. Gol bunuh diri Chancel Mbemba menyelamatkan Rossoneri dari kekalahan.

AC Milan menjamu FC Porto di San Siro pada matchday kelima Grup B Liga Champions, Kamis (4/11/2021) dini hari WIB. Il Diavolo tampil lebih dominan dalam hal penguasaan bola.

Mereka mencatatkan 52,3 persen ball possesion dibanding 47,7 persen milik Porto. Meski demikian, serangan Si Naga lebih berbahaya.

Mereka membuat 11 tembakan dengan mengarah 5 ke gawang. Sementara, Milan hanya bikin 7 percobaan dengan 2 on target.

Porto bahkan bisa unggul cepat di menit ke-6 lewat Luis Diaz. Namun, Milan bisa mencuri kesempatan untuk menciptakan gol penyama kedudukan dari situasi bola mati di menit ke-61 dari bunuh diri Chancel Mbemba

Hasil imbang ini membuat Milan belum beranjak dari dasar klasemen Grup B dengan satu angka. Sementara, Porto di urutan kedua dengan lima poin tertinggal empat angka dari Liverpool di puncak klasemen.

[Gambas:Opta]

Jalannya Pertandingan

Tim tamu menekan AC Milan di awal laga. Ancaman sudah dihadirkan Porto di menit ke-2.

Bermula dari lemparan ke dalam jauh dari sisi kiri, Evanilson terbebas di kotak penalti. Namun, sepakannya masih melebar.

Porto akhirnya bisa memecah kebuntuan di menit ke-6. Marco Grujic bisa merebut bola dari penguasaan Ismael Bennacer di lini pertahanan Milan. Ia lalu mengiring bola sebelum melepas umpan ke Luis Diaz yang berdiri di sisi kiri kotak penalti Milan.

Gol!! Diaz dengan tenang melepas sepakan mendatar yang meluncur ke pojok kiri gawang Rossoneri. Porto unggul 1-0.

MILAN, ITALY - NOVEMBER 03: Luis Diaz of FC Porto scores their team's first goal past Ciprian Tatarusanu of AC Milan during the UEFA Champions League group B match between AC Milan and FC Porto at Giuseppe Meazza Stadium on November 03, 2021 in Milan, Italy. (Photo by Marco Luzzani/Getty Images)MILAN, ITALY - NOVEMBER 03: Luis Diaz of FC Porto scores their team's first goal past Ciprian Tatarusanu of AC Milan during the UEFA Champions League group B match between AC Milan and FC Porto at Giuseppe Meazza Stadium on November 03, 2021 in Milan, Italy. (Photo by Marco Luzzani/Getty Images) Foto: Getty Images/Marco Luzzani

Porto punya peluang di menit ke-17. Umpan tendangan bebas Sergio Oliveira dari dari sisi menemui kepala Chancel Mbemba. Ciprian Tatarusanu sigap menghadapi ancaman ini dengan bisa mengamankan bola.

Serangan berbahaya Porto belum berakhir. Oliviera kembali mengirim umpan silang berbahaya kali ini dari sepak pojok di menit ke-25.

Bola bisa ditanduk oleh Grujic, tapi Tatarusanu kembali beraksi dengan terbang menepis bola.

Saat Porto menebar banyak ancaman berbahaya, Milan justru kesulitan menciptakan peluang. Padahal, mereka sedikit lebih dominan dalam penguasaan bola hingga pertengahan babak pertama.

Sepakan pertama Milan di laga ini baru tercipta di menit ke-34. Olivier Giroud mencoba lewat sepakan jarak jauh terukur. Upayanya masih bisa selamatkan oleh kiper Porto Diogo Costa.

Skor 1-0 untuk keunggulan Porto bertahan hingga babak pertama berakhir.

Selepas jeda, Porto nyaris menjauh pada menit ke-56. Umpan tendangan bebas Oliviera dipantulkan Pepe untuk disambar oleh Evanilson. Namun urung terjadi gol karena bola masih menerpa mistar.

Gol!! Bola muntah lalu disambar oleh Pierre Kalulu sebelum mengenai Mbemba dan masuk ke gawang Porto. Papan skor berubah menjadi imbang 1-1.

Tekanan Porto mulai mengendur memasuki pertengahan babak kedua. Hal ini dimanfaatkan Milan mendominasi tekanan

Pada menit ke-82, Milan sempat menggetarkan jala Porto untuk kedua kalinya. Zlatan Ibrahimovic dengan baik menuntaskan umpan Theo Hernandez dari sisi kiri. Namun, gol ini dianulir akibat offside.

Milan terus menggempur lini pertahanan Porto. Meski begitu, usaha mereka memburu gol kemenangan tak membuahkan hasil skor 1-1 menutup 90 menit.

Susunan Pemain

Milan: Ciprian Tatarusanu; Alessio Romagnoli (c), Theo Hernandez, Davide Calabria (Pierre Kalulu 46'), Fikayo Tomori; Sandro Tonali (Franck Kessie 69'), Ismael Bennacer; Alexis Saelemaekers, Rafael Leao (Daniel Maldini 85'), Brahim Diaz (Rade Krunic 68'); Olivier Giroud (Zlatan Ibrahimovic 76').

Porto: Diogo Costa; Zaidu Sanusi, Chancel Mbemba, Pepe (c), Joao Mario; Luis Diaz (Bruno Costa 79'), Otavio (Antonio Martinez 86'), Marko Grujic, Sergio Oliveira (Vitinha 69'); Medhi Taremi (Pepe 85'), Evanlison (Chico Conceicao 79').

(pur/bay)