Liga Champions: Junior Messias, Mantan Kurir Pembawa Asa AC Milan

ADVERTISEMENT

Liga Champions: Junior Messias, Mantan Kurir Pembawa Asa AC Milan

Yanu Arifin - Sepakbola
Kamis, 25 Nov 2021 13:20 WIB

Junior Messias baru didatangkan Milan pada bursa transfer musim panas Juli lalu. Pemain Brasil itu dipinjam semusim dari Crotone, dengan opsi dibeli permanen.

Yang menarik, Messias punya perjalanan karier yang tak gampang. Sebelum bisa menjadi pahlawan Milan di Liga Champions, Messias memulai kariernya dari nol.

Bahkan, sepakbola awalnya bukan karier utama Messias. Pria kelahiran Belo Horizonte itu sempat kerja serabutan di Italia, sejak datang ke negara itu pada 2011.

Messias sempat kerja menjadi kurir toko perabotan hingga kuli batu bata. Semua ia lakukan demi mendapat uang di Italia.

Sejak di Brasil, ia sudah mencicipi akademi Cruzeiro, namun kandas di tengah jalan. Alhasil, sepakbola cuma menjadi hobi yang bisa ia lakukan di Italia, tanpa bayang-bayang menjadi pemain profesional.

Sampai akhirnya datang Ezio Rossi. Mantan pemain Torino itu menawarkan bergabung ke tim amatir Casale, yang ketika itu bermain di divisi kelima. Sempat ditolak, namun Junior Messias akhrnya menerima pinangannya.

Di Casale, Messias tampil moncer dan bisa mencetak 21 gol. Semusim berselang, ia kemudian pindah ke Chieri dan bisa membuat 15 gol di Serie D.

Kemudian, Messias sempat ditawar klub Serie B Pro Vercelli, namun tidak bisa didaftarkan karena masalah paspor. Sampai akhirnya Messias pindah ke Gozzano, yang ia bisa antar promosi ke Serie C pada musim 2018/2019.

Karier profesional Messias makin meroket, saat pindah ke Crotone. Setelah bermain di Serie B pada musim 2019/2020, ia mengantar timnya promosi ke Serie A semusim berselang.

Di Serie A musim lalu, Messias bikin 9 gol dari 37 laga. Hal itu yang membawanya kini berseragam Milan.

AC Milan's Junior Messias, right, celebrates after scoring the opening goal during a Group B Champions League soccer match between Atletico Madrid and AC Milan at the Wanda Metropolitano stadium in Madrid, Spain, Wednesday, Nov. 24, 2021. (AP Photo/Manu Fernandez)Junior Messias (kanan) merayakan gol ke gawang Atletico Madrid. Foto: AP/Manu Fernandez

Musim ini, Messias sendiri baru dimainkan tiga kali oleh Pioli. Laga melawan Atletico menjadi debutnya di Liga Champions, yang langsung ia tandai dengan gol kemenangan untuk Rossoneri.

"Kisahnya luar biasa. Tapi saya pikir ini cuma awal, sebab dia punya kualitas sesungguhnya," kata Pioli di Amazo Prime Video Italia.

"Dia punya kesulitan di awal, tapi sekarang benar-benar bisa membantu tim," kata Pioli soal Junior Messias.


(yna/aff)