Superiornya Man City di Fase Grup Liga Champions

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Kamis, 25 Nov 2021 14:40 WIB
MANCHESTER, ENGLAND - NOVEMBER 24: Raheem Sterling of Manchester City (not pictured) celebrates with teammates Gabriel Jesus, Riyad Mahrez, Rodrigo and Bernardo Silva after scoring their teams first goal during the UEFA Champions League group A match between Manchester City and Paris Saint-Germain at Etihad Stadium on November 24, 2021 in Manchester, England. (Photo by Shaun Botterill/Getty Images)
Manchester City lolos ke babak 16 besar Liga Champions dengan status juara grup A (Foto: Getty Images/Shaun Botterill)
Manchester -

Manchester City kembali lolos ke fase knockout Liga Champions dengan status sebagai juara grup. City sekali lagi menegaskan dominasinya di fase grup.

City meraih kemenangan 2-1 atas Paris Saint-Germain di matchday Grup A Liga Champions di Etihad Stadium, Kamis (25/11/2021) dini hari WIB. Hasil itu memastikan City lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup A.

Pasukan Pep Guardiola itu mengumpulkan 12 poin dari lima pertandingan yang sudah dimainkan. Dengan satu laga tersisa, jumlah poin mereka sudah tidak mungkin dikejar oleh PSG yang jadi pesaing terdekat dengan delapan poin.

City mencatatkan empat kemenangan dan satu kekalahan. Satu-satunya kekalahan itu sejauh ini didapat di markas PSG dengan skor 0-2 di matchday 2.

Ini jadi penegasan superioritas City di fase grup Liga Champions. Menurut catatan yang dilansir Opta, City selalu jadi juara grup di Liga Champions dalam lima musim terakhir secara beruntun.

Mereka jadi tim Inggris kedua yang menorehkan catatan itu. Sebelumnya, Manchester United melakukan hal yang sama antara 2006/2007 dan 2010/2011.

"Kami lolos ke babak 16 besar dalam lima atau enam tahun terakhir, jadi jadi memuncaki grup dan saya lebih dari puas," ujar Guardiola kepada BT Sport.

"Kami ke babak 16 besar dan akan mencoba yang terbaik pada Februari nanti untuk lolos ke perempatfinal," imbuhnya.

Kendati dominan di fase grup, sejauh ini pencapaian terbaik Manchester City di Liga Champions adalah lolos ke final pada musim lalu dan jadi runner-up. Mampukah City dapat hasil lebih baik musim ini?

"Kami main sangat baik dan cara kami tampil sangat bagus. Orang-orang menikmati menonton kami dan kami menikmati memainkannya. Semoga kami bisa mempertahankannya selama mungkin," kata Guardiola.

(nds/yna)