Fikayo Tomori: Hidupkan dan Matikan Harapan AC Milan

Randy Prasatya - Sepakbola
Rabu, 08 Des 2021 08:20 WIB
MILAN, ITALY - DECEMBER 07: Fikayo Tomori of AC Milan celebrates after scoring their sides first goal during the UEFA Champions League group B match between AC Milan and Liverpool FC at Giuseppe Meazza Stadium on December 07, 2021 in Milan, Italy. (Photo by Marco Luzzani/Getty Images)
Fikayo Tomori merayakan gol ke gawang Liverpool. (Foto: Getty Images/Marco Luzzani)
Milan -

Fikayo Tomori sempat menghidupkan asa AC Milan ke babak 16 besar Liga Champions, namun dia pula yang mematikan harapan itu.

AC Milan menjamu Liverpool di San Siro dalam matchday terakhir Grup B, Rabu (8/12/2021) dini hari WIB. Rossoneri butuh kemenangan di laga ini demi bisa ke fase gugur dan di saat bersamaan berharap FC Porto gagal menang melawan Atletico Madrid.

Rossoneri berada di atas angin pada menit ke-29. Tomori membawa Milan memimpin 1-0 setelah memanfaatkan kemelut dari sepak pojok.

Keunggulan tersebut gagal dipertahankan Milan sampai turun Minum. Hal tersebut dikarenakan Mohamed Salah menyamakan skor di menit ke-36 setelah menyambar bola rebound tembakan Alex Oxlade-Chamberlain yang ditepis Mike Maignan.

Skor imbang di babak pertama belum mengubur harapan Milan karena di saat bersamaan Porto vs Atletico juga masih imbang tanpa gol. Alih-alih mendapat gol di babak kedua, Milan malah kalah 1-2.

Sadio Mane melepaskan tembakan di menit ke-55 setelah berhasil mencuri bola yang gagal dikontrol Tomori. Maignan sempat berhasil menepis, namun bola rebound disambar lewat sundulan Divock Origi.

Milan berjuang untuk bisa berbalik unggul lagi sepanjang babak kedua, tapi gol yang diharapkan tak kunjung datang. Porto padahal tumbang 1-3 dari Atletico dan pasukan Stefano Pioli gagal memanfaatkan itu.

"Sayangnya, kebobolan gol kedua seperti itu membuat kami hilang kepercayaan diri, tetapi kami memiliki peluang sampai akhir dengan (Rade) Krunic, (Junior) Messias dan (Franck) Kessie," kata Pelatih Milan, Stefano Pioli, kepada Sky Sport Italia.

Milan harus rela menjadi juru kunci dengan empat poin dan juga tak mampu mencuri tiket ke Liga Europa. Liverpool justru menutup fase grup dengan poin sempurna 18.

Atletico Madrid mendampingi Liverpool ke babak 16 besar sebagai runner-up dengan 7 poin. Kekalahan membuat Porto finis di posisi ketiga dengan lima poin dan lanjut ke Liga Europa.

Simak Video 'Liverpool Singkirkan AC Milan dari Liga Champions':

[Gambas:Video 20detik]



(ran/adp)